Sukses

5 Hobi yang Bisa Bikin Tabungan Makin Gemuk

Berikut lima hobi yang bisa menghasilkan uang untuk menambah tabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pendapatan tambahan di luar gaji bulanan adalah salah satu cara untuk menambah saldo tabungan milik Anda. Berbagai cara bisa dilakukan, mulai dari berdagang sampai melakukan hobi yang Anda sukai.

Hobi? Benar sekali! Dengan menjalani hobi yang Anda sukai secara tekun, Anda juga bisa mendapatkan uang tambahan setiap bulan.

Berikut 5 hobi yang bisa menghasilkan uang untuk menambah tabungan seperti dikutip dari www.cekaja.com, Kamis (28/7/2016):

1. Fitness di gym

Buat para pecinta olahraga, khususnya fitness atau body building bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk menjadi instruktur di gym.

Ya, menjadi seorang instruktur di gym atau fitness center merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan.

Tidak main-main, dengan menjadi seorang instruktur di pusat kebugaran Anda bisa mengantongi uang tambahan hingga jutaan rupiah setiap bulan.

2. Hobi belanja

Ada berita gembira buat para ladies! Ternyata hobi belanja yang biasanya digandrungi banyak wanita juga bisa menambah pendapatan.

Bagaimana bisa? Ya, Anda bisa menjadi seorang mystery shopper yang bertugas untuk belanja dan menilai bagaimana pelayanan, kualitas dan berbagai hal lain yang terkait dengan produk tertentu. Biasanya, tawaran ini memang tidak terbuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membaca dan Menulis

3. Membaca dan menulis

Punya hobi baca dan menulis? Selamat! Anda memiliki hobi yang sangat bermanfaat bagi kehidupanmu.

Tidak hanya bisa memperluas wawasan dan kemampuan untuk menyampaikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki, dengan hobi ini Anda juga bisa memperoleh pendapatan tambahan setiap bulan. Sekarang, menjadi seorang reviewer buku di internet pun bisa mendapatkan bayaran.

Suka menulis? Berbagai macam profesi seperti content writer atau copy writer bisa dijadikan pekerjaan sampingan.

4. Main game

Biasanya hobi main game diidentikkan dengan sikap kekanak-kanakan, padahal hobi yang satu ini juga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan.

Sekarang banyak seklai kompetisi game atau e-sport yang bisa diikuti para gamer sesuai dengan keahlian masing-masing. Bukan cuma itu, di banyak negara, seorang gamer profesional kini juga dipandang layaknya seorang atlet.

5. Menjahit

Kalau punya hobi menjahit, Anda perlu menyadari hobi tersebut bisa menghasilkan uang. Anda bisa membuat baju, sweater rajutan yang nanti bisa dijual secara online. Kalaupun belum bisa bikin baju dan celana sendiri, sekadar menerima order untuk mengecilkan atau menambal pakaian juga bisa jadi tambahan pemasukan. (Ahm/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini