Sukses

4 Kelebihan Punya Banyak Kartu Kredit

Kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan saat bertransaksi dengan kartu kredit merupakan keunggulan utamanya.

Selain itu, tentu saja fitur seperti reward points yang dapat ditukar menjadi berbagai macam hadiah ataupun promo diskon menjadikan kartu kredit sebagai salah satu alat yang membantu penghematan.

Saking mudahnya menggunakan kartu kredit, ada anggapan yang beredar di kalangan masyarakat kartu kredit bisa membuat kamu makin boros. Satu kartu kredit saja dianggap bahaya, apalagi jika punya banyak kartu kredit.

Anggapan boros ini sebenarnya sangat bergantung pada pemegang kartu kredit. Jika sifat dasarnya sudah boros, maka mau pakai atau tidak pakai tetap saja berpengaruh ke pemborosannya.

Sebaliknya, jika kamu punya kartu kredit kebanyakan, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh asal bisa mengendalikan diri seperti dikutip dari HaloMoney.co.id

1. Bisa mengontrol berbagai macam transaksi dengan mudah

Kamu bisa memanfaatkan tiap kartu kredit untuk jenis transaksi tertentu. Misalnya, semua transaksi untuk listrik, air, gas, dan pulsa dibayar oleh kartu kredit A, sedangkan transaksi di supermarket hanya menggunakan kartu kredit B. Dengan begini, kamu juga lebih mudah memantau transaksi yang terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan promo


2. Berbagai promo bisa dimanfaatkan dengan maksimal

Setiap jenis kartu kredit memiliki promo yang khas. Misalnya, kartu kredit tertentu banyak memberikan promo terkait travel, sedangkan kartu kredit lain banyak memberikan diskon untuk makan di restoran-restoran makanan Jepang.

Kamu bisa gunakan masing-masing kartu kredit tersebut sesuai jenis promo yang diberikan. Kamu bisa cek fitur dan manfaatnya saat mengajukan kartu kredit online.

Baca juga: 5 Jenis Perayaan Lebaran Unik di Berbagai Belahan Daerah Indonesia

3. Memperbagus skor kredit

Reputasi kredit kamu akan sangat berpengaruh saat kamu ingin mengajukan pinjaman ke bank suatu saat nanti. Tapi ingat, kamu harus selalu melunasi seluruh tagihan kartu kredit kamu dengan tuntas agar memperoleh skor kredit yang tinggi.

3 dari 3 halaman

cadangan


4. Bisa menjadi cadangan

Kalau amit-amit kamu kena sial seperti dompet hilang sehingga kartu kredit kamu harus diblokir, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit lain untuk melakukan transaksi dengan sementara sambil menunggu kartu kredit baru selesai diproses.

Agar memperoleh manfaat ini, usahakan agar kamu meninggalkan kartu kredit yang tidak akan kamu gunakan saat pergi ke luar rumah. Baca juga: 5 Deal Terbaik untuk Hemat Kebutuhan Back To School si Kecil

Sudah mengerti manfaatnya punya kartu kredit? Jangan lupa untuk menjaga diri agar tidak menjadi boros. Jika kamu ragu, maka tidak ada salahnya hanya punya satu kartu kredit untuk belajar menggunakannya dengan baik.

Untuk mendapatkan kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, coba gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk melakukannya. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini