Sukses

Pasar Tradisional dan Modern, Apa Bedanya?

Liputan6.com, Jakarta - Berbelanja adalah kegiatan yang sangat disukai hampir semua orang. Selain berbelanja adalah kebutuhan, kegiatan berbelanja juga dilakukan sekaligus untuk refreshing.

Kaum wanita biasanya sangat senang ketika pergi berbelanja. Untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari, biasanya Anda berbelanja ke supermarket yang merupakan Pasar Modern, dengan keadaan barang kebutuhan yang lengkap dan terjamin kualitasnya.

Selain pergi ke pasar modern, Anda juga bisa berbelanja ke pasar tradisional. Biasanya pasar tradisional sudah ada sejak dini hari. Ada berbagai jenis kebutuhan, terutama untuk memasak. Anda hanya tinggal memilih yang kualitasnya lebih bagus dan harganya relatif murah.


Saat ini keberadaan pasar modern sudah banyak dan terdapat di berbagai pelosok Indonesia. Terkadang lokasi pasar modern juga terletak dekat dengan lokasi perumahan warga.

Jadi warga lebih memilih untuk berbelanja ke pasar modern, dibandingkan pergi ke pasar tradisional dengan jarak yang lebih jauh dari keberadaan pasar modern.

Hal ini mendatangkan persaingan yang cukup tinggi di antara keduanya. Namun, kenyataannya kedua pasar ini memiliki peminat yang sama rata.

2 dari 3 halaman

Perbandingan Harga

Sebelum Anda menentukan akan memilih berbelanja di pasar tradisional atau pasar modern, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dulu perbandingan antara keduanya, berikut perbandingan pasar modern dan pasar tradisional seperti dikutip dari www.cermati.com, Rabu (25/5/2016):

1. Perbandingan Harga

Perbedaan harga di kedua pasar tertentu cukup signifikan. Biasanya harga di pasar tradisional relatif lebih murah, mencapai sepertiga dari harga barang yang dijual di supermarket.

Selain itu saat kita berbelanja ke pasar tradisional, biasanya akan terjadi tawar menawar harga antara penjual dengan pembeli.

Terkadang, kita bisa mendapatkan harga yang sesuai keinginan kita, namun di pasar modern, hal ini tidak terjadi. Harga barangnya kebanyakan sudah ditentukan. Alternatif harga murah di pasar modern, salah satunya adalah melalui potongan harga.

2. Jenis Barang

Anda bisa melihat perbedaan antara pasar tradisional dan modern, dilihat dari jenis dan item barang yang dijual di dalamnya.

Saat berbelanja di pasar tradisional, Anda akan mudah menemukan kebutuhan pangan seperti beras, sayuran, minyak dan beberapa camilan yang umum diminati oleh pelanggannya.

Berbeda dengan pasar modern, Anda akan lebih banyak menjumpai produk-produk pangan dalam jenis yang lebih beraneka ragam dan di beberapa pasar modern, terdapat juga produk impor yang sengaja didatangkan dari beberapa Negara lain yang produknya aman untuk dikonsumsi.

3 dari 3 halaman

Keamanan dan Kenyamanan

3. Kenyamanan dan Keamanan

Kebanyakan pasar tradisional kurang mengutamakan kebersihan serta kenyamanan dalam kegiatan belanja para pelanggannya.

Misalnya saat membeli sayuran dan produk makanan lainnya, saat membeli di Pasar tradisional makanan mentah dan sayuran yang dibeli cenderung kurang bersih dan tempat sekitarnya terkesan kumuh.

Untuk keamanannya sendiri, Anda juga perlu waspada dan selalu berhati-hati untuk menjaga barang berharga milik Anda saat pergi ke pasar tradisional. Berbeda dengan pasar modern, selain tempatnya bersih dan nyaman, keamanan di sana lebih terjaga dengan baik.

4. Kesegaran Produk

Di pasar modern, produk produk kebutuhan pelanggan yang tersedia biasanya dipasok dari petani atau dari perorangan yang memiliki perkebunan sendiri.

Pasar modern juga memiliki mesin cold storage atau freezer yang akan membantu memperlambat kerusakan produknya. Namun, beberapa produk tersebut ada yang memiliki jangka waktu untuk bertahan lebih lama.

Sementara di pasar tradisional, ketersediaan produk segar seperti ikan, daging dan sayuran, biasanya tersedia langsung dari petani yang tidak mengalami pendinginan terlebih dulu, namun benar-benar dijual dalam keadaan segar, fresh from the oven.

Perhatikan Kebutuhan Anda Terlebih Dulu

Saat Anda berbelanja di pasar tradisional maupun pasar modern,secara garis besar memang pasar modern lebih diminati masyarakat saat ini. Selain produk-produknya juga dijamin bersih dan berkualitas, pasar modern juga menawarkan konsep tempat yang nyaman.

Namun, terkadang kebutuhan orang yang beragam dan berbeda-beda memungkinkan sebagian orang lainnya untuk berbelanja di pasar tradisional juga.sebaiknya Anda pahami dan perhatikan kebutuhan Anda terlebih dulu, sebelum Anda memutuskan untuk berbelanja di pasar modern atau pasar tradisional. (Ahm/)