Sukses

Menhub Jonan: Jalan Tol di China dan AS Juga Macet Saat Hari Raya

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan tidak dapat menjamin musim mudik Lebaran 2016 bebas dari kemacetan di jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan tidak dapat menjamin musim mudik Lebaran 2016 bebas dari kemacetan di jalan tol. Kondisi serupa pun kerap terjadi di negara-negara maju saat memasuki hari raya.

"Tidak bisa jalanan itu mulus, lancar sekali seperti hari normal saat Lebaran. Wong volume kendaraannya besar kok, di mana-mana pasti macet kalau hari besar," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Jumat (29/4/2016).

Jonan mengatakan, kemacetan sering menghiasi jalanan di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Sebagai contoh dalam perayaan Thanksgiving Day di AS dan Tahun Baru Imlek di Tiongkok.

"Kalau Thanksgiving Day di AS jalanan highway besar-besar, tetap saja macet. Lebih macet dari hari biasa. Di Tiongkok, kalau Tahun Baru Imlek penuh sekali. Ya habis mau bagaimana lagi," ujar Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) itu.

Yang dapat dilakukan pemerintah, diakui Jonan, berusaha mengurai atau mengurangi kemacetan melalui berbagai upaya, seperti rekayasa lalu lintas dari pihak Kepolisian, dan lainnya.

"Misalnya usulan menggratiskan tarif tol dan memberlakukan sistem terintegrasi pembayaran tol maupun penggunaan transaksi pembayaran tol secara elektronik dengan kartu," tutur Menhub Jonan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini