Sukses

TKI Diberi 'Gelar' Duta Budaya Bangsa RI

Banyak peran yang diemban TKI di luar negeri, salah satunya sebagai duta budaya bangsa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri selalu disebut sebagai pahlawan devisa. Kontribusi lain TKI ini berperan sebagai agen pariwisata Indonesia di mancanegara dan menjadi duta kebudayaan bangsa.

Istri Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri, Marifah Hanif Dhakiri, mengungkapkan, TKI bukan hanya pahlawan devisa, tapi juga berperan penting sebagai duta budaya yang mempromosikan adat serta tradisi nusantara kepada masyarakat dunia.

 

"TKI tidak hanya membawa gelar pahlawan devisa, tapi sebagai duta budaya Indonesia. Karena di mana pun TKI melangkah, melintasi negara dan benua, TKI membawa budaya serta jati dirinya sebagai orang Indonesia," kata Marifah dalam keterangan resmi yang didapat dari Kementerian Tenaga Kerja, Minggu (6/3/2016).

Dijelaskannya, TKI dapat mempromosikan budaya bangsa dengan cara memberikan "sentuhan" khas kebudayaan daerah yang dibawa dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Sebagai contoh dalam menu masakan bagi majikannya.

"Dari masakan yang dihidangkan untuk majikan, TKI membawa budaya kuliner Indonesia yang sangat khas dan digemari oleh orang-orang di seluruh dunia. Melalui senandung saat menjaga dan bermain dengan anak majikan, TKI memperkenalkan lagu Indonesia yang ramah terhadap anak-anak," ujarnya.

Selain itu, lanjut Marifah, para TKI tersebut sebenarnya telah mempromosikan budaya gotong-royong bangsa. Hal ini tercermin dari solidaritas antara TKI saat saling bahu-membahu menyelesaikan permasalahan yang ada.

"Budaya gotong-royong juga dipraktekkan langsung oleh TKI di luar negeri ketika membantu kawannya yang menghadapi masalah. Solidaritas dan uluran tangan antara sesama TKI turut membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan TKI, baik di dalam maupun di luar negeri," tuturnya

Dia berharap TKI betul-betul dapat menjadi duta budaya bangsa di luar negeri. "Saya berharap sahabat-sahabat TKI dapat terus menjadi duta budaya bangsa, menyebarkan budaya Indonesia yang ramah dan menghargai keberagaman," ucapnya. (Fik/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.