Sukses

Pemerintah Diminta Ringankan Pajak Industri Penyimpanan Pangan

Teknologi penyimpanan pangan yang digunakan di Indonesia saat ini masih sangat tradisional

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan swasembada pangan di tahun 2019 untuk beberapa jenis komoditas. Namun untuk mencapainya bukanlah perkara mudah.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Franky Welirang mengaku, salah satu masalah yang belum ada solusinya adalah pengembangan industri penyimpanan pangan seperti beras dan berbagai jenis hasil tani lainnya.

Franky mengungkapkan, sektor industri ini masih luput dari pantauan pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nantinya.

"‎Sebetulnya ada teknologi pasca panen, ini tidak pernah sentuh. Karena kena pajak 10 persen, jasa itu tidak tumbuh, padahal dia menjaga kualitas, menjaga umur simpan hasil petani," kata Franky di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Senin (28/12/2015).

Menurutnya, teknologi penyimpanan yang digunakan di Indonesia saat ini masih sangat tradisional, karena mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkan beberapa produk tani, seperti gabah.

Tidak berkembangnya teknologi penyimpanan ini dikatakan Franky bukan berarti ilmuan Indonesia tidak mampu menciptakannya. Sebenarnya, teknologi penyimpanan yang canggih sudah banyak ditemukan oleh beberapa universitas.

"Tetapi gara-gara pajak 10 persen tersebut, temuan mereka tidak bisa di aplikasikan, ini sebenarnya masalah utamanya," tegas dia.

Franky mengaku sebuah negara yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai alat, maka negara tersebut akan mudah dalam mewujudkan segala keinginannya termasuk swasembada pangan.

"Kalau perlu petaninya sendiri perlu dibekali pengetahuan IT, dan fasilitasi teknologi, agar petani mendapatkan penghasilan yang lebih baik," tutup Franky. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini