Sukses

Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Jauh sebelum ada komputer, saat orang-orang belum mengenal apa itu teknologi tinggi, terdapat beberapa orang terkaya dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, orang terkaya dunia yang masih hidup adalah pendiri Microsoft, Bill Gates. Tapi dia bukanlah satu-satunya yang paling kaya sepanjang sejarah.

Jauh sebelum ada Microsoft atau bahkan sebelum ada komputer, saat orang-orang belum mengenal apa itu teknologi tinggi, terdapat beberapa orang terkaya di dunia.

Salah satunya adalah Genghis Khan, Penguasa militer Asia tengah dari Mongolio pada era abad 11-12. Khan kaya dari banyaknya lahan yang ia miliki. Dia tak punya sumber kekayaan lain selain tanah.

Khan dan Gates adalah dua dari sekian banyak orang terkaya sepanjang sejarah. Seperti dilansir dari Time, Kamis (17/12/2015), berikut 10 orang terkaya dunia sepanjang sejarah:

1. Alan Rufus (Alan the Red)

Pria yang hidup di era abad ke-10 ini punya kekayaan yang mencengangkan. Keponakan dari William sang penakluk ini lahir tahun 1040 dan meninggal 1093. Dia meninggalkan kekayaan 11.000 poundsterling. Time memperkirakan angka tersebut setara US$ 194 miliar jika dikonversi ke dolar tahun 2014. Itu juga setara Rp 2725,7 triliun (kurs: 14.050/dolar)

Menurut penulis Phillip Beresford dan Bill Rubenstein yang menulis The Richest of the Rich, , uang itu setara 7 persen dari GDP Inggris kala itu.

2. John D Rockefeller

Rockefeller mulai berinvestasi di industri minyak di 1863 dan pada 1880 dia mendirikan perusahaan Standard Oil yang menguasai produksi 90 persen minyak di Amerika.

Menurut New York Times obituary Rockefeller, pengusaha ini punya kekayaan sekitar US$ 1,5 miliar berdasarkan pengembalian pajak ppenghasilan federal dan perkiraan seluruh kekayaannya. Itu setara dengan hampir 2 persen dari output ekonomi Amerika.

Nilai kekayaan Rockefeller di 2014 bisa mencapai US$ 341 miliar.

3. Andrew Carnegie

Pria yang hidup di masa 1853 hingga 1919 disebut orang terkaya Amerika sepanjang sejarah. Imigran dari Skotlandia ini menjual perusahaannya, US Steel ke JP Morgan senilai US$ 480 juta pada 1901.

Jumlah tersebut setara 2,1 persen dari GDP Amerika Serikat kala itu, dan membawa Carnegie menjadi orang terkaya di AS sepanjang sejarah, karena jika dikonversikan ke dolar 2014, kekayaannya mencapai US$ 372 miliar.

4. Joseph Stalin

Stalin adalah nama yang tersohor di seluruh dunia, khususnya di Rusia, asal dari pria yang hidup di masa 1878-1953. Stalin yang dikenal sebagai salah satu diktator paling berpengaruh di dunia menguasai salah satu negara ekonomi terbesar, Rusia.

Masuknya Stalin dalam daftar ini adalah karena perannya yang besar dalam mengendalikan Rusia. Disebutkan pada 1950, tiga tahun sebelum kematian Stalin, Rusia berkonribusi sekitar 9,5 persen dari output perekonomian global. Sementara di 2014, produksi tersebut bisa setara US$ 7,5 triliun. uang tersebut tak berarti milik Stalin secara langsung, tapi dia punya kemampuan untuk mengendalikan ekonomi Rusia ke arah mana saja yang ia suka.

5. Akbar I

Akbar I adalah seorang kaisar India dari Dinasti Mughal yang hidup di era 1542-1605. Akbar punya kendali penuh terhadap kerajaan yang dinilai seperempat alias 25 persen dari produksi ekonomi dunia.

Penulis Fortune Chris Matthews yang mengutip sejarawan ekonomi Angus Maddison, memperkirakan GDP per kapita India di bawah kendali Akbar bisa dibandingkan dengan zaman Elizabeth Inggris.

6. Kaisar Shenzong

Dinasti Song di China yang berkuasa tahun 960 hingga 1279 ini adalah salah satu kerajaan yang paling berpengaruh secara ekonomi sepanjang sejarah. salah satu kasiarnya adalah Shenzong yang lahir pada 1048-1085.

Menurut Professor Ronald A Edwards, sejarawan ekonomi Dinasti Song di Tamkang University, kerajaan berkontribusi sekitar 25 sampai 30 persn dari produksi ekonoi dunia, selama masa kejayaannya.

Kekayaan kekaisaran datang dari sektor inovasi teknologi dan kemampuan luar biasa dalam pengumpulan pajak, yang menurut Edward ratusan tahun lebih unggul dibanding pemerintah negar Eropa.

7. Augustus Caesar

Tak hanya Augustus Caesar yang punya kendali padda kerajaan yang dinilai 25 hingga 30 persen dari produksi ekonomi dunia. Tapi menurut professor sejarah Stanford, Ian Morris, Augustus Caesar pada satu titik memengang kekayaan pribadi yang diperkirakan satu per lima dari total ekonomi negara. Kekayaan itu diperkirakan setara US$ 4,6 triliun di era 2014 sekarang.

8. Mansa Musa

Raja Timbuktu, Mansa Musa, sering disebut sebagai orang terkaya dunia sepanjang sejarah. Menurut profesor sejarah Ferrum College, Richard Smith, kerajaan Afrika Barat itu dinilai sebagai produsen emas terbesar di dunia. Pada saat itu, emas permintaannya sangat banyak.

Jadi seberapa kaya Musa? Tak ada yang bisa memperkirakan secara pasti berapa kekayaan Musa yang hidup 1280 hingga 1337.

9. Genghis Khan

Kaisar Mongolia yang hidup pada 1162 hingga 1227 ini punya banyak tanah, dan itu yang menjadi sumber kakayaan Genghis Khan. Sebagai pemimpin Mongol, yang panjangnya bisa mencapai Jarak China ke Eropa, dia menguasai kekaisaran terluas di dunia sepanjang sejarah. Meski begitu, kabar mengatakan, Genghis tak punya kekayaan berbentk harta. Sebaliknya, kemurahan hati Khan adalah kunci dari kekuasaannya.

"Salah satu kunci kesuksesan Khan adalah membagi hasil barang rampasan dengan para prajurit dan komandannya,": tutur Morris Rossabi, profesor sejarah di CUNY Queens College.

10. Bill Gates

Dalam daftar ini, Bill Gates boleh jadi adalah satu-satunya orang terkaya dunia sepanjang sejarah yang hidup di era modern. Namanya juga sangat terkenal sekarang sebagai orang terkaya dunia yang masih hidup.

Kekayaan sang pendiri Microsoft ini menurut Forbes mencapai US$ 79 miliar. (Zul/Ndw)

 

Menjadi orang terkaya memang butuh perjuangan, tetapi ada satu cara juga untuk menjadi kaya yaitu menjadi pengusaha sukses. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak video berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.