Sukses

Apa Keistimewaan Pola Pikir Orang Kaya?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meneliti banyak orang kaya, Steve Siebold penulis buku How Rich People Think, menemukan kalau orang kaya memiliki pola pikir berbeda dari kebanyakan orang.

Siebold mengamati ada perbedaan, terutama dalam hal menetapkan tujuan. Orang kaya menetapkan harapan lebih tinggi dibandingkan rata-rata kebanyakan orang yang menetapkan harapan rendah.

"Psikolog dan ahli kesehatan mental lainnya sering menyarankan untuk menetapkan harapan yang rendah dalam hidup mereka, supaya mereka tidak kecewa," tulis Siebold.

Namun Siebold menambahkan tidak akan menjadi kaya tanpa harapan-harapan besar. Orang kaya selalu berharap dapat menghasilkan lebih banyak uang, mereka tidak takut untuk berpikir besar. Di sisi lain, banyak orang yang berharap untuk selalu berjuang, dan cenderung betah walau penghasilan pas-pasan.

"Kebanyakan orang berasumsi bahwa kekayaan, kemakmuran, dan kesuksesan hanya untuk orang yang memiliki bakat spesial, pengetahuan khusus, atau sekadar keberuntungan," ujar Siebold, Kamis (24/9/2015).

Dalam bukunya Siebold juga menulis kelas menengah selalu berjuang karena mereka berharap untuk berjuang. Selain itu, ketika kebanyakan orang mendapatkan kesuksesan yang tidak disangka-sangka, mereka menganggap itu sebagai sebuah keberuntungan. Lain halnya dengan orang kaya yang menganggap kesuksesan adalah hal alami, karena percaya mereka memang layak mendapatkannya. (Ilh/Ahm)

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman