Sukses

Warga Pulau Ini Tak Percaya Ada Produk Sembako Murah dari RI

Hampir 90 persen sembako yang beredar di Pulau Sebatik berasal dari negara tetangga.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Perhutani dan PT Pos Indonesia menyelenggarakan penjualan sembako murah di perbatasan Indonesia dengan Malaysia tepatnya di Pulau Sebatik, Nunukan Kalimantan Utara, dalam program "BUMN Hadir Untuk Negeri” untuk memperingati 70 Tahun Indonesia Merdeka. 

Dalam program tersebut, 2.100 paket sembako dijual dengan potongan harga 70 persen dari seharusnya. Warga hanya cukup membayar Rp 35 ribu untuk paket berisi beras, gula dan garam yang semuanya adalah produksi dalam negeri.

Direktur Utama Perhutani, Mustoha Iskandar datang langsung dan menyerahkan paket sembako kepada warga di desa Sungai Nyamuk jecamatan Sebatik Timur setelah usai Upacara HUT Ri ke 70 tahun yang dipimpin langsung oleh Bupati Nunukan H Basri di lapangan Sungai nyamuk.

Sementara itu pada waktu yang sama Plt Direktur Utama PT Pos Indonesia, Purnomo menyerahkan paket sembako murah kepada warga di balai desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur.

"Sebagian warga tidak percaya ada penjualan sembako murah diskon 70 persen, sampai seorang ibu rela antri panjang mengular di depan balai desa Sungai Nyamuk," kata Mustoha dalam keterangannya, Selasa (18/8/2015).

Roswati warga desa tanjung Aru salah satu penerima paket sembako murah mengaku senang ada sembako diskon ini.

Menurut Kepala Desa Tanjung Aru, Palani, hampir 90 persen sembako yang beredar di Pulau Sebatik berasal dari negara tetangga karena mudah memperoleh juga murah dibanding produk dari indonesia sendiri.

"Kami bukan tidak cinta produk dalam negeri tapi memang produk sembako dari dalam negeri jarang beredar di sini" ujarnya.

Dirinya berharap acara yang dilaksanakan kali ini dapat diteruskan di tahun-tahun selanjutnya. Bahkan jika memungkinkan, tidak harus menunggu satu tahun sekali, melainkan pemerintah Indonesia lebih sering memberikan perhatian kepada warga perbatasan itu.

Paket sembako murah didistribusikan proporsional di empat kecamatan yaitu Sebatik Timur, Sebatik Utara, Sebatik Tengah, Sebatik Barat. selain itu juga ada paket sembako murah khusus bagi warga desa yang kurang mampu. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini