Sukses

Top 5 Bisnis: Alasan di Balik Kenaikan Gaji PNS

Pemerintah berencana menaikkan gaji PNS sekitar 4 persen tiap tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pemerintah untuk menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sekitar 4 persen setahun sekali.  Pengamat Politik dan Birokrasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Miftah Thoha menilai kenaikan tersebut  adalah hal yang wajar karena merupakan hak PNS.

Apalagi, harga kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan. Kenaikan itu menunjukkan pemerintah telah memperhatikan kesejahteraan dan  mendorong produktifitas PNS.

Informasi soal alasan di balik kenaikan gaji PNS menjadi artikel yang paling diburu masyarakat.  Tak hanya berita menarik lainnya yaitu pergerakan harga emas serta pembangunan 12 ribu rumah murah menjadi banyak dicari pembaca.

Lengkapnya, berikut artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com edisi Senin (4/6/2015):

1. Kenapa Gaji PNS Harus Naik Tiap Tahun?

Pengamat Politik dan Birokrasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Miftah Thoha menilai gaji PNS sejalan dengan harga kebutuhan pokok yang terus mengalami kenaikan. 

"Jadi harus memperhatikan gaji. Terutama kemahalan bahan pokok, oleh karena itu wajib bagi pemerintah menaikan gaji," kata dia saat dihubungi Liputan6.com.

2. Kata yang Pantang Diucapkan Saat Wawancara Kerja

Mendapat panggilan kerja tentu merupakan hal yang menggembirakan. Tentu saja, hal tersebut hal yang dinanti-nanti oleh para pencari kerja.
 
Sayangnya, memasuki babak wawancara kerja tidak segampang yang dibayangkan. Bagian personalia atau orang yang mewawancara pencari kerja akan memperhatikan secara detil jawaban-jawaban yang menentukan kelulusan pekerja.
 
HRD hanya mengawasi jawaban pencari kerja yang panjang lebar. Namun, setiap kata yang keluar dari mulut orang yang diwawancara.

3. Dolar Melemah Bikin Harga Emas Perkasa

Harga emas dunia untuk pengiriman Agustus, kontrak paling aktif diperdagangkan, ditutup naik 0,5 persen menjadi US$ 1.194,40 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Harga emas menguat dipicu adanya kemungkinan kesepakatan antara Yunani dan kreditor yang mendorong penguatan euro terhadap dolar, di mana mata uang tunggal ini naik 2,1 persen ke level tertinggi dalam hampir dua minggu.

Data ekonomi soal harga konsumen di Zona Euro yang menguat dari perkiraan pada Mei ikut mendorong euro memperpanjang kenaikannya.

4. 12 Ribu Rumah Seharga Rp 100 Juta Dibangun di Banten

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Banten mempercepat program sejuta rumah di Provinsi Banten, Rabu (3/6/2015). Setidaknya, ada 12 ribu unit rumah bersubsidi dengan harga mulai Rp 100 juta per unit tersebar di delapan kota dan kabupaten di Banten.

5. Lewat Tol Cikapali, Jakarta-Cirebon Ditempuh Kurang dari 3 Jam

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sudah beroperasi sebelum Ramadan sehingga bisa dipakai saat mudik lebaran

Dengan beroperasinya tol sepanjang 116,75 kilometer (km) tersebut, para pengendara mobil bisa menempuh jarak Jakarta-Cirebon dalam waktu kurang dari tiga jam. (Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.