Sukses

Menebak Sosok Pembeli Lukisan Termahal di Dunia

Lukisan karya terjual Pablo Picasso seharga US$ 179 juta atau Rp 2,36 triliun. Hingga kini pembeli lukisan itu masih menjadi misteri.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, lukisan karya seniman ternama Pablo Picasso terjual dengan harga sangat fantastis. Lukisan dengan judul 'Les femmes d'Alger (Version 'O')' dijual dengan harga US$179 juta atau setara Rp 2,36 triliun (kurs: Rp 13.210 per dolar AS) di rumah lelang Cristie's New York, Amerika Serikat (AS).

Lukisan ini telah memecah rekor penjulan lukisan di rumah lelang tersebut. Sayang, hingga saat ini belum diketahui secara pasti pembeli mahakarya itu. Alhasil, banyak spekulasi pun bermunculan.

Dilansir dari Qatarday,  Rabu (3/6/2015), seorang miliarder asal Qatar yang memiliki julukan 'The who bought London'  adalah penawar tertinggi lukisan termahal itu. Spekulasi atas identitas muncul dari intensitas pembeli melalui telepon untuk Les femmes d'Alger pada awal bulan ini.

Sumber dari dunia seni mengatakan pada New York Post jika lukisan tersebut dibeli oleh Mantan Perdana Menteri Qatar Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani. Konon, dia mengejar karya seni untuk mengubah emirat yang kaya energi menjadi pusat kebudayaan dunia pada Piala Dunia 2022.

"Tapi Les femmes d'Alger mungkin tidak akan pernah ditampilkan secara terbuka di Qatar untuk menghindari kepekaan Islam karena menggambarkan payudara wanita, meskipun dicat dalam bentuk cubist,"kata laporan tersebut.

Lukisan karya Pablo Picasso `Les femmes d'Alger` terjual seharga Rp 2,37 triliun (Foto: CNN Money)

Sementara, sumber lain mengatakan pembelian mengacu pada Elaine Wynn co-founder kerajaan kasino Las Vegas.

Adapula spekulasi yang menyebut lukisan Picasso tersebut dibeli oleh orang Asia terutama China yang memicu penjualan sampai US$ 2 miliar pada Chrietie dan Sotheby di New York.

Sebagai informasi, Les femmes d'Alger` yang diterjemahkan menjadi wanita Alzajair dianggap sebagai karya seni utama kontemporer. Lukisan tersebut memperlihatkan fitur pelacur telanjang, tema umum untuk Picasso, dan dicat dalam gaya cubist yang telah menjadi kekhasannya.

Sementara, Christie's, rumah lelang yang mengurus penjualan tersebut sebelumnya memprediksi lukisan Picasso terjual hanya seharga US$ 140 juta.

Karya-karya paling terkenal dari tangan Picasso tercatat menyerap permintaan yang sangat tinggi. Pada 2013, manajer hedge fund Steven Cohen membeli lukisan Le Reve dari pengusaha hotel Steve Wynn seharga US$ 155 juta dalam penjualan pribadi. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.