Sukses

Jurus Pemerintah Agar Buruh Tak Tuntut Upah Naik Paling Dicari

Artikel tentang cara pemerintah menyiasati agar buruh tak menuntut upah naik setiap tahun, paling menarik pembaca Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Tuntutan kenaikan upah oleh para buruh kerap terjadi setiap tahunnya. Bahkan, aksi demo dan mogok ikut meramaikan tuntutan tersebut. Berkaca pada persoalan tersebut, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) bersama pengusaha menggodok formula baru dalam penentuan upah minimum buruh.

Artikel tentang cara pemerintah menyiasati agar buruh tak menuntut upah naik setiap tahun, paling menarik pembaca Liputan6.com. Selain artikel ini, ada beberapa yang lain juga tuai perhatian.

Berikut daftar lengkap artikel paling dicari pembaca kami, Rabu (8/4/2015):


1. Jurus Pemerintah Agar Buruh Tak Tuntut Upah Naik Tiap Tahun

Penetapan upah minimum setiap tahun selalu diwarnai kericuhan, demo bahkan mogok massal. Hal ini sangat merugikan pekerja, pemerintah dan para pengusaha.

Berkaca pada persoalan tersebut, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) bersama pengusaha menggodok formula baru dalam penentuan upah minimum buruh.

2. Buruh Tuntut Upah Naik Lagi, Pemerintah Setuju?

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), bahan pangan, elpiji sampai tarif dasar listrik menyerbu masyarakat Indonesia. Buruh merasa keberatan dengan berbagai kenaikan harga tersebut, sehingga menuntut upah minimum ikut disesuaikan pemerintah.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Ruslan Irianto Simbolon, menganggap tuntutan buruh sebagai hal yang wajar. Namun pemerintah tidak serta merta menyetujuinya, karena tetap harus mempertimbangkan kondisi perekonomian dan kemampuan perusahaan.

3. Jokowi Dituding Tak Konsisten, Ini Pembelaan Mendag Rachmat Gobel

Kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belakangan ini dianggap sejumlah kalangan tidak konsisten. Kebijakan itu antara lain, pencabutan larangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) rapat di hotel serta kenaikan tunjangan uang muka mobil pejabat.
 
Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel angkat bicara mengenai perubahan kebijakan tersebut melalui pembelaannya usai Rakor Persiapan World Economic Forum di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (7/4/2015).

4. Sejuta Rumah Buat Rakyat Dibangun Serentak 1 Mei

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono mengatakan proyek pembangunan satu juta rumah untuk rakyat akan dibangun bertepatan dengan Hari Buruh atau 1 Mei mendatang.

"Kesiapan Kementerian PUPR dalam pencangan Program Pembangunan 1 Rumah untuk Rakyat. Kegiatan itu dijadwalkan bersamaan dengan Hari Buruh Nasional 2015," kata Basuki, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (7/4/2015).

5. 14 Hal yang Tak Ingin Dilihat Perekrut dalam CV Anda

"Tidak ada kesempatan kedua dalam membuat kesan pertama", begitulah kata pepatah. Dalam hal mencari kerja, resume atau curriculum vitae (CV) menjadi pintu untuk memperkenalkan diri Anda saat melamar kerja di sebuah perusahaan.

Setiap harinya, HRD menerima banyak surat lamaran dalam waktu yang singkat. Riset membuktikan HRD memiliki waktu rata-rata kurang dari satu menit untuk membaca CV Anda . Bahkan ada perusahaan yang hanya membutuhkan waktu enam detik per resume.(Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.