Sukses

Indeks Kepercayaan Diri Konsumen RI Paling Tinggi Se-ASEAN

Indonesia kembali menjadi negara dengan tingkat kepercayaan diri konsumen tertinggi di Asia Tenggara.

Liputan6.com, New York - Indonesia kembali menjadi negara dengan tingkat kepercayaan diri konsumen tertinggi di Asia Tenggara. Indonesia tercatat mengungguli sejumlah negara tetangga di kawasan Asia Tenggara dengan Indeks Kepercayaan Diri Konsumen Indonesia mencapai poin 120.

Mengutip laman e27.co, Selasa (27/1/2015), tingkat kepercayaan diri konsumen tersebut terangkum dalam hasil penelusuran bertajuk Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intention.

Meski Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam berhasil menempati posisi tertinggi sebagai negara-negara dalam indeks tersebut, perekonomian dan ketersediaan lowongan kerja masih menjadi persoalan utama di kawasan Asia Tenggara.

"Seluruh konsumen di kawasan Asia Tenggara terus menjadi bagian dari masyarakat global dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Satu-satunya pengecualian adalah Malaysia yang mencatatkan level kepercayaan diri terlemah sejak kuartal-II 2009," ungkap Managing Director Nielsen Consumerisation Practice in Southeast Asia, North Asia and Pacific, Vishal Bali.

Dia menjelaskan, kepercayaan diri masyarakat Malaysia berkurang akibat dampak dari naiknya harga barang dan biaya hidup di negara tersebut.

Sejauh ini, iklim ekonomi juga masih menjadi isu penting bagi para konsumen. Satu dari lima konsumen di kawasan Asia Tenggara menyebutkan iklim ekonomi merupakan kekhawatiran terbesar dalam enam bulan ke depan.

Ekonomi Thailand dan Malaysia masih mencuri perhatian dan kecemasan di tatanan perekonomian global.

Sebagai informasi, Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions yang diselenggarakan sejak 2005 mengukur kepercayaan diri, kekhawatiran utama dan keinginan untuk berbelanja pada konsumen pada lebih dari 30 ribu responden yang memiliki akses ke internet di 60 negara. Tingkat kepercayaan diri konsumen diatas dan dibawah 100 mengindikasikan tingkat optimisme dan pesimisme.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini