Sukses

Galau Terima Atau Tolak Tawaran Kerja? Putuskan Dengan 4 Trik Ini

Menerima tawaran kerja kadang dapat menjadi kebahagiaan yang berubah menjadi kebingungan dalam seketika

Liputan6.com, New York - Menerima tawaran kerja di tengah era pencarian karir yang sangat kompetitif tentu merupakan berita bahagia. Anda juga tentu akan merasa sangat senang menerima kabar tersebut.

Mengutip laman Career Realism, Kamis (11/12/2014), berita bahagia tersebut seringkali berubah menjadi kebingungan saat Anda harus memutuskan akan menerima atau menolak tawaran kerja yang diberikan. Banyak hal penting yang harus dipikirkan agar Anda tidak menyesal dengan keputusan tersebut.

Berikut empat trik yang dapat membantu Anda menentukan akan menerima atau menolak tawaran kerja:

1. Pikirkan keuntungannya

Jika Anda ingin menerima tawaran pekerjaan, sangat penting untuk mengetahui kelebihannya dibandingkan pekerjaan sekarang. Jadi tanyakanlah beberapa pertanyaan untuk meyakinkan diri sendiri.

Beberapa pertanyaan seperti, mengapa harus berganti pekerjaan, apakah gajinya lebih besar, apakah jarak ke kantor lebih dekat, perlu ditanyakan agar Anda mengenali keuntungannya.

Dengan mengetahui jawaban dari semuanya, Anda dapat mengevaluasi tawaran tersebut dengan lebih baik. Tantangannya adalah Anda juga harus mengetahui dengan baik berbagai peluang dari pekerjaan tersebut.

2. Teliti mengamati tawaran pekerjaan yang datang

Jangan berganti pekerjaan sebelum Anda memiliki alasan yang kuat mengapa harus pindah kantor. Pikirkan berbagai pertanyaan yang harus dikonfirmasi pada perusahaan yang baru agar Anda memahami dengan baik pekerjaan yang ditawarkan.

Ingat, jangan sampai Anda menyesal setelah berganti pekerjaan.

3. Pikirkan kemampuan pribadi

Apa kemampuan kerja terbaik Anda? Lantas pikirkan, apakah pekerjaan yang baru sesuai dengan kemampuan terbaik itu. Selain itu, Anda juga harus tahu apa yang membuat Anda bahagia di tempat kerja sekarang.

Kemudian, pikirkan baik-baik apakah tawaran pekerjaan yang baru dapat memberikan kesempatan yang sama. Membandingkan budaya kerja juga perlu dilakukan agar Anda tidak menyesal dengan keputusan tersebut.

4. Berkonsultasi

Ceritakan situasi yang terjadi saat ini dengan orang yang paling penting dalam hidup Anda. Orang-orang ini akan membantu Anda dengan memberikan saran-saran terbaik. Dalam hal ini, Anda membutuhkan perspektif lain di luar hasil pengamatan sendiri. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini