Sukses

Cek Swasembada Pangan, JK Blusukan Selama 3 Hari

Sejumlah lokasi yang akan didatangi Jusuf Kalla, antara lain adalah Waduk Jatiluhur, Pabrik Gula Subang dan Balai Pertanian Sukamandi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melakukan peninjauan di seluruh Pulau Jawa mulai Kamis (4/12/2014) hingga Sabtu (6/12/2014). Peninjauan tersebut untuk melihat langsung perkembangan swasembada pangan di Tanah Air.

"(Keliling Jawa) Untuk melihat proyek dan bagaimana penyelesaiannya. Soal swasembada pangan," ujar Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Kamis (4/12/2014).

Hari ini ada sejumlah lokasi yang akan didatangi Jusuf Kalla, antara lain adalah Waduk Jatiluhur, Pabrik Gula Subang, Balai Pertanian Sukamandi, dan PLTU Indramayu.

Kemudian, pada Jumat 5 Desember, JK akan blusukan ke wilayah Jawa Tengah, seperti Grobogan dan Sragen. Di hari terakhir, barulah Jusuf Kalla blusukan di Jawa Timur.

Sebelumnya, Jusuf Kalla pernah berjanji Indonesia akan swasembada pangan dalam waktu 1 tahun. Bila terwujud, maka akan meringankan beban para nelayan dan petani.

Menurut dia, bangsa Indonesia mengandalkan impor dalam berbagai jenis kebutuhan pangan karena, kemampuan produksi masih rendah. Dengan adanya alokasi dana subsidi yang didapat dari pengurangan harga BBM, mantan Ketua Umum Golkar ini yakin dapat melakukan perbaikan dan pembaharuan teknologi dem menunjang swasembada pangan. (Silvanus Alvin/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.