Sukses

Harga Biji Kakao Terjun Bebas di Palu

Harga biji kakao di Palu, Sulawesi Tengah terus merosot pada Sabtu (15/11/2014).

Liputan6.com, Palu - Harga biji kakao di Palu, Sulawesi Tengah terus merosot pada Sabtu (15/11/2014). Padahal sebelumnya, harga komoditas ekspor itu tembus di harga tertinggi.

Pantauan Liputan6.com di sentra pengepulan biji kakao Jalan Ketimun, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, harga biji kakao saat ini dibeli pengepul Rp 29 ribu per kilo gram (kg) dari harga sebelumnya Rp 36 ribu per kg.

Pengepul mengaku, anjloknya harga biji kakao seiring turunnya pembelian pengekspor dalam beberapa hari terakhir di Palu.

"Kalau pembelian pengekspor turun, pasti mempengaruhi harga pembelian di tingkat pengepul. Sehingga harganya turun drastis. Ini sudah sepekan terakhir harganya turun," terang salah satu pengepul, Ahmadi.

Ia berharap harga akan kembali membaik lagi dalam beberapa hari ke depan, agar petani bisa menikmati harga yang bagus.

"Kasihan petani kalau harganya hancur seperti sekarang. Ya, semoga saja ke depan harganya kembali bagus," tandas Ahmadi. (Dio Pratama/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.