Sukses

Wujudkan Poros Maritim, Ini Saran Rusia Buat Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki program unggulan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim. Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Valentina Matviyenko mengatakan pihaknya tertarik dengan visi Jokowi tersebut.

"Indonesia adalah mitra kunci di kawasan Asia Pasifik. Kami sangat tertarik pada prakarsa Presiden Indonesia Jokowi untuk bangun Indonesia sebagai poros maritim di kawasan Asia Pasifik," tutur Matviyenko di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Agar visi tersebut bisa terwujud, Matviyenko pun memberikan saran. Ia menjelaskan Indonesia perlu membuat pelabuhan karena mau menghubungkan pulau-pulau.

"Agar prakarsa ini bisa berhasil, Indonesia perlu buat banyak di bagian infrastruktur pelabuhan, maupun infrastruktur maritim, dan Rusia siap untuk membantu Indonesia dalam bidang ini," imbuhnya.

Bila poros maritim terwujud, maka Matviyenko memprediksi Indonesia akan membawa dampak positif bagi negara tetangga, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

"Ini pasti akan dorong perluasan kerjasama di Asia Pasifik, di mana Rusia dan Indonesia adalah bagian dari kawasan ini," tandas Matviyenko. (Ndw)

Loading