Sukses

Menperin Roadshow 3 Pabrik di Purwakarta dan Cikarang

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin menggelar kunjungan kerja ke beberapa pabrik di lingkup Jabodetabek pada Selasa (4/11/2014). 

Pabrik pertama yang dikunjungi adalah PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) di Purwakarta, Jawa Barat. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Saleh usai menyandang jabatan sebagai menteri.

Presiden Direktur HMMI Akihito Yamanaka mengaku senang atas kunjungan ini. Dia berharap HMMI bisa turut membantu pemerintah dalam penyediaan angkutan penumpang dan barang. "Merupakan sebuah kehormatan bagi kami," tuturnya.

Pabrik HMMI sendiri merupakan pabrik kendaraan bermotor penghasil jenis truk dan bus merk HINO dan komponennya. Pabrik tersebut dibangun di atas lahan seluas 30 hektar dengan kapasitas produksi 75.000 unit per tahun. Adapun untuk tujuan ekspornya meliputi Vietnam, Filipinan, Haiti, Bolivia, dan Papua New Giunea.

Dia mengatakan, dengan keberadaan pabrik ini  turut mengembangkan perekonomian karena HMMI banyak menyerap tenaga kerja dari Kabupaten Purwakarta.

"Hingga Oktober 2014, jumlah karyawan HINO mencapai 2.467 orang. HINO sangat ketat dalam menerapkan sistem safety bagi seluruh karyawan dan tamu dilingkungan pabrik," tandas dia.

Sebagai informasi, selain mengunjungi HMMI rencananya Saleh juga akan mendatangi kawasan Karawang International Industry City dan PT EPSON di Cikarang. (Amd/Nrm)