Sukses

Menperin Saleh Husin Targetkan Bangun 10 Kawasan Industri

Menteri Perindustrian Saleh Husin belum banyak mengungkapkan program-program kerja selama lima tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Resmi menjabat sebagai Menteri Perindustrian, Saleh Husin mengaku telah memiliki target khusus untuk mendorong pertumbuhan industri nasional. Saleh akan membangun minimal 10 kawasan industri di luar Pulau Jawa.

Namun selain itu, Pria kelahiran Rote, 16 September 1963 tersebut belum bisa bisa memastikan target apa lagi yang akan ia kejar. Menurutnya, target-target lainnya akan dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian hari ini.

"Nanti sore, kami rapat koordinasi di menko. Nanti dijabarkan apa-apa saja yang akan dilaksanakan. Waktu itu bapak presiden mengatakan bahwa para menteri hanya tugasnya melaksanakan program-program yang telah dibuat oleh presiden," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa (28/10/2014).

Dia menjelaskan, beberapa yang akan dibahas dalam rakor ini yaitu terkait industri dan produk-produk pertanian serta rencana pengembangan minimal 10 kawasan industri di luar Pulau Jawa.

"Ini baru akan dirapatkan koordinasi dengan menko. Ini yang harus mempercepat sehingga apa yang ingin dicapai bisa cepat," lanjutnya.

Menurut Saleh Husin, pengembangan kawasan industri ini akan mengarah ke wilayah timur Indonesia. Pasalnya wilayah tersebut selama ini masih minim mendapatkan perhatian untuk pengembangan industrinya.

"Justru kawasan timur kan lebih bagus, sebelumnya juga sudah ada. Ini yang nanti kita genjot jd pertumbuhan di luar Pulau Jawa meningkat terutama di kawsn timur. Yang penting adalah nggak perlu ada birokrasi-birokrasi yang mempersulit dunia usaha, itu yg harus kita permudah," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.