Sukses

Empat Lembaga Keuangan RI Rapat FKSSK Bahas Rupiah dan IHSG?

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali menggelar Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKKSK) untuk membahas perkembangan ekonomi terkini.

Dari pantauan Liputan6.com, Jakarta, Senin (6/10/2014), rapat ini sudah dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Lalu selanjutnya diikuti dengan Konferensi Pers mengenai hasil rapat empat lembaga tinggi keuangan negara itu.

Hadir dalam rapat, Menteri Keuangan Chatib Basri, Gubernur BI Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, dan Kepala LPS Kartiko Wirjoatmodjo serta seluruh jajaran empat lembaga tersebut.

Seperti diketahui, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejak pekan lalu merosot hingga ke bawah level 5.000. Hal yang sama terjadi dengan nilai tukar rupiah karena mengalami pelemahan hingga tembus ke level Rp 12.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

Berbagai faktor global maupun domestik masih membayangi pergerakan pasar keuangan Indonesia. Mulai dari rencana The Fed menaikkan suku bunga acuan di AS, perbaikan ekonomi AS hingga sentimen dalam negeri seperti defisit neraca perdagangan dan gejolak politik.  

Terakhir kali, Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan diselenggarakan pada bulan ketujuh lalu. Pembahasan difokuskan pada persoalan kebijakan Federal Reserve (The Fed), rebalancing ekonomi di Tiongkok, utang luar negeri, balance of payment serta fiskal Indonesia.

Sementara itu secara umum, rapat ini terus membahas perkembangan dan prospek ekonomi dunia maupun Indonesia, serta mengkaji stabilitas sistem keuangan. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.