Sukses

HUT Kemerdekaan ke-100, Ekonomi RI Tembus Tujuh Besar Dunia

Menko Perekonomian, Chairul Tanjung menuturkan, ekonomi Indonesia akan menembus tujuh besar dunia melalui transformasi ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah memperkirakan ekonomi Indonesia akan menduduki peringkat tujuh besar dunia pada 2045. Cita-cita ini bakal terwujud apabila seluruh elemen saling bahu membahu dan bekerja keras berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung (CT) menyatakan, Indonesia akan menjadi negara maju dengan ekonomi terkuat, terbesar di dunia di urutan ke-10 dengan pendapatan per kapita US$ 15 ribu dan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar Rp 4.500 triliun pada 2025.

"Melalui transformasi, ekonomi Indonesia akan menembus urutan tujuh terbesar di dunia pada HUT Kemerdekaannya yang ke-100 atau pada 2045," ujar  Chairul Tanjung saat acara Puncak Refleksi Tiga Tahun Pelaksanaan MP3EI di Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Lebih jauh kata dia, menggapai ambisi tersebut tentu membutuhkan kerja keras dan waktu yang cukup panjang. Tak ada jalan pintas yang bisa ditempuh, karena hanya dapat dicapai dengan upaya gigih dan kepemimpinan yang kuat.

Salah satunya, tambah CT, mendorong proyek Masterplan Percepatan, Perluasan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di enam koridor ekonomi.

"Langkah ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di setiap Provinsi, Kabupaten dan Kota. Caranya dengan infrastruktur fisik dan non fisik, seperti jalan tol, pelabuhan, bandara dan sebagainya," jelas dia.

Upaya tersebut, kata CT, akan semakin melengkapi kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang menjadi anugerah untuk negara ini. Pasalnya, dia bilang, dengan modal itu, Indonesia sangat diperhitungkan di mata internasional.

"Diharapkan dengan pelaksanaan MP3EI dapat mendorong pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia dan meningkatkan daya saing kita di regional dan dunia yang semakin ketat," tandas CT. (Fik/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.