Sukses

Rasio Utang RI Lebih Sehat dari Tiga Negara Maju Ini

Saat ini tingkat rasio utang Indonesia terhadap PDB berada di angka 25 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebutkan saat ini tingkat rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dalam tahapan aman.

Hal itu disampaikan SBY dalam pidato kenegaraannya di Gedung DPR/MPR, Senayan Jakarta, Jumat (15/8/2014).

"Utang negara kini tengah berada dalam situasi yang aman, utang faktor penting, karena berkaitan dengan rasa percaya diri dan harga diri bangsa," kata SBY.

Saat ini tingkat rasio utang Indonesia terhadap PDB berada di angka 25 persen. Hal itu dikatakan SBY jauh lebih baik dibandingkan saat krisis 1998-1999 yang saat itu berada di angka 85 persen, di mana hal itu hampir sama dengan kemampuan negara dalam produksi.

Di hadapan mantan Presiden BJ Habibi dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, SBY juga mengaku di antara beberapa negara maju, rasio utang Indonesia paling rendah.

"Tingkat utang Jepang 227,2 persen, AS 101,5 persen, Jerman 78,4 persen, dalam hal ini rasio utang terhadap PDB Indonesia terendah diantara negara G-20," paparnya. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini