Sukses

Ini Jurus RI Hindari Gagal Bayar Utang Seperti Argentina

Antisipasi perlu dilakukan meski kasus tersebut belum mengganggu perekonomian Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengingatkan agar Indonesia mewaspadai dampak dari vonis gagal bayar (default) bunga utang Argentina kepada pemegang obligasi. Antisipasi perlu dilakukan meski kasus tersebut belum mengganggu perekonomian Tanah Air.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang Brodjonegoro memandang kasus default Argentina disebabkan karena pembekuan pembayaran bunga kepada pihak investor akibat perintah pengadilan Amerika Serikat (AS).

"Tapi kita perlu waspada terhadap sentimen global akibat default itu meski kasus Argentina tidak menunjukkan adanya gagal bayar dari pihak Argentina. Jadi default bukan semata-mata terjadi karena isu makro tapi karena masa lalu," jelas dia dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Sejauh ini, tambah Bambang, gagal bayar Argentina belum memberikan dampak berarti terhadap utang pemerintah Indonesia. Artinya utang negara ini masih berada di kategori aman.

Meski demikian, dia mengaku, pemerintah perlu mengantisipasi kasus gagal bayar tersebut agar tak menimpa Indonesia.

"Caranya jangan diskriminatif terhadap kreditor serta menjaga fundamental makro termasuk fiscal sustainability," cetus Bambang. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini