Sukses

PPnBM Digadang Buat Gaet Investasi Ponsel di Bawah Rp 5 Juta

Pemerintah memastikan rencana kebijakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap produk ponsel bakal mendorong investasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah memastikan rencana kebijakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap produk ponsel bakal mendorong investasi di Indonesia. Investasi utamanya adalah produksi ponsel dengan harga di bawah Rp 5 juta.

"Lho ini justru mendorong investasi sebab sebagian besar ponsel yang diminati orang Indonesia seharga di bawah Rp 5 juta," ujar Wakil Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Untuk mengurangi impor ponsel, kata dia, pemerintah ingin meningkatkan investasi di industri ponsel dalam negeri untuk harga di bawah Rp 5 juta. "Yang itu yang mau kita dorong investasinya di sini. Jadi yang mewah kita kurangi," tandas Bambang.

Sebelumnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menampik tujuan pengenaan PPnBM produk ponsel adalah untuk menggaet lebih banyak investasi ke dalam negeri. Sebab hal itu justru akan membebani produsen ponsel lokal.

"Kalau PPnBM dikenakan untuk meningkatkan keuntungan atau investasi di dalam negeri sangat kurang tepat. Itu tidak akan memenuhi sasaran," ujar Kepala BKPM Mahendra Siregar di Jakarta.

Dia menjelaskan, pengenaan PPnBM yang diberlakukan bukan saja untuk produk impor tapi juga produk dalam negeri tentu akan menambah beban produsen ponsel lokal.

"Produksi dalam negeri tidak bisa meningkat jika ikut terkena PPnBM. Tapi kalau maksudnya untuk mengurangi impor karena ada persoalan defisit neraca transaksi berjalan itu persoalan lain," tutur Mahendra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.