Sukses

AP II Fokus Pelayanan Bandara untuk Hadapi Asian Para Games 2018

PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) akan kembali menyiapkan diri untuk Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) akan kembali menyiapkan diri untuk Asian Para Games 2018. Pihak AP II kali ini fokus kepada pelayanan bandara di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Persiapannya tidak berbeda jauh dengan Asian Games, tapi memang ada kondisi spesifik yang kita prioritaskan seperti flow atletnya," tutur Direktur Utama AP II Muhammad Awaludin di Hotel Mercure, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Awaludin menuturkan, AP II bersama tim Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc), akan menambah pengujian acara (test event) di Bandara Soetta.

"Prioritas flow atletnya kan nanti atletnya disabilitas jadi handycap. Pola pengujian atau test event itu jadi lebih banyak dari kita. Dari Indonesia Para Games Organizing Committee (Inapgoc) sudah turun tiga kali melakukan test event di Bandara Soetta," ujar dia. 

Awaludin menambahkan, AP II pada Asian Para Games ini akan memusatkan perhatian pada terminal 2. Kemudian diikuti juga untuk terminal 3.

"Sesuai kesepakatan dari tim, untuk Inapgoc kita akan fokus pada terminal 2, sedangkan sebagian kecil itu di terminal 3. Kebalikannya dari Asian Games kemarin. Yang besar jadi di Terminal 3," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angkasa Pura II Gelar Kampanye Keselamatan Terminal di 15 Bandara RI

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan kampanye keselamatan terminal atau Terminal Safety Campaign di 15 bandara yang ada dalam naungannya. Sementara di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, kampanye tersebut melibatkan 30 inspektur keselamatan.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin memimpin upacara sekaligus pembukaan kampanye keselamatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini adalah yang pertama kali dilakukan Angkasa Pura untuk semua bandaranya.

"Dalam setahun kita bisa lakukan lebih dari dua kali, tidak seperti rem check campaign. Ini bisa dilakukan empat kali dalam setahun, baik rutin dengan jadwal yang ditentukan atau random," ujar Awaluddin, saat ditemui awak media sesaat setelah upacara digelar, di area perkantoran Angkasa Pura II, Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Selasa, 18 September 2018.

Pelaksanaan kampanye keselamatan di terminal bandara sangat dirasa perlu. Hal ini dilakukan untuk membangun pemahaman dan mengingatkan kembali, bila di terminal bandara juga ada beberapa kegiatan yang berpotensi menimbulkan persoalan atau risiko dalam keselamatan.

"Misalnya, ada yang membawa tabung gas. Itu kan tidak diperbolehkan, atau potensi yang menimbulkan titik api lainnya," kata Awaluddin.

Juga soal instalansi aliran listrik, unsur K3 (keselamatan dan kesehatan kerja), serta berbagai unsur lain yang menunjang kelancaran alur kegiatan di terminal. Jadi, baik petugas maupun pegawai, bisa teringat kembali tugasnya selama bekerja di terminal bandara.

"Nanti yang memimpin kampanye ada 30 inspektur keselamatan di bawahnya ada sekirar 150-an petugas," kata Awaluddin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.