Sukses

Menkes Apresiasi Atlet Indonesia Lampaui Target Asian Games 2018

Awalnya, kontingen Merah Putih hanya ditarget 16 medali emas dengan posisi sepuluh besar di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Tiga hari jelang berakhirnya pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Farid Moeloek mengapresiasi keberhasilan para atlet Indonesia meraih medali emas. Tim Indonesia melampaui pencapaian medali yang ditargetkan pemerintah.

"Indonesia bisa artinya atlet kita berhasil jika dilakukan dengan baik bisa mencapai bahkan melampaui target. Kita hanya terus motivasi agar menjadi negara kuat," ujar Menkes Nila di sela peninjauan kemajuan pelayanan kesehatan di Teluk Bintuni, Papua Barat. Rabu 29 Agustus 2018.

Menkes Nila juga memuji kesigapan tim medis Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam memberikan pelayanan.

"Kita dari Kementerian Kesehatan punya tugas memberi dukungan pelayanan kesehatan. Dalam olahraga pasti ada kemungkinan cedera. Seperti yg terjadi pada atlet bulutangkis Antonius Ginting kemudian atlet paralayang patah tulang di Bogor yang langsung dibawa ke Jakarta. Itu semua diatasi cepat dan baik oleh petugas medis bersema segenap pihak termasuk tim Kementerian Kesehatan. Saya sangat apresiasi dan berterima kasih," tutur istri mantan Menteri Kesehatan Farid A. Moeloek ini.

Hingga Rabu malam 29 Agustus, kontingen Indonesia mengumpulkan total 88 medali yang terdiri dari 30 medali emas, 22 perunggu, dan 36 perak. Hasil ini membawa Indonesia menempati peringkat keempat klasemen sementara perolehan medali.

Pencapaian Indonesia di Asian Games 2018 sejauh ini sudah melebihi target. Awalnya, kontingen Merah Putih hanya ditarget 16 medali emas dengan posisi sepuluh besar.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Masyarakat Papua Barat

Keberhasilan Indonesian di ajang Asian Games 2018 turut diapresiasi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

"Luar biasa Indonesia telah meraih lebih dari 24 emas dan masuk sepuluh besar. Itu doa sekaligus harapan kita masyarakat Papua Barat," kata Dominggus Mandacan saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Kesehatan Nila D.F. Moeloek di Teluk Bintuni.

3 dari 3 halaman

Pawai Obor

Sebelumnya, Papua Barat merupakan salah satu dari 54 tempat yang disinggahi pawai obor Asian Games 2018. Saat itu, Gubernur Papua Barat ikut menyambut sekaligus mengarak obor Asian Games bersama ratusan masyarakat setempat.

Dominggus Mandacan secara khusus berterima kasih kepada panitia pelaksana Asian Games (INASGOC) karena memilih Papua Barat, terutama Raja Ampat serta Sorong menjadi bagian kemeriahan Asian Games ke-18 tahun ini. Kedatangan kirab obor Asian Games 2018 di kedua wilayah tersebut memotivasi seluruh atlet lokal semakin berprestasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.