Sukses

Timnas Indonesia Tak Main, Stadion Pakansari Tetap Berornamen Merah Berkat Fans Vietnam dan Korsel

Jakarta - Fans Timnas Vietnam U-23 dan Korea Selatan U-23 memerahkan Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (29/8/2018), pada semifinal sepak bola Asian Games 2018. Jumlah penonton yang hadir adalah 5.698 orang.

Walau tak memenuhi seluruh zona stadion, mereka tampil bersemangat dengan menggunakan seragam dan atribut khas negara masing-masing. Tak lupa, suporter juga membawa bendera negara masing-masing yang dibentangkan menjelang pertandingan.

Uniknya, suporter dari Vietnam, yang datang dari Hanoi, Da Nang, dan Ho Chi Minh City, juga mengikuti tur dari Indonesia, khusus untuk mendukung timnas mereka berlaga di Asian Games.

"Saya kebetulan membawa rombongan dari Saigon (Ho Chi Minh City), ada sekitar 40 orang. Jadi saya yang mengurus tiket, penginapan, dan transportasi selama mereka di sini," kata Hendy, tour guide asal Indonesia.

Sementara, warga Korea yang datang ke Stadion Pakansari memang kebanyakan yang tinggal di Indonesia, atau yang sedang piknik ke Bali dan Yogyakarta. 

Bentuk dukungan dari suporter pun unik-unik. Ada seorang suporter dari Vietnam yang membawa poster drama Korea Descendant of The Sun. Lucunya, poster aktor Song Joong-ki diganti dengan wajah kapten Timnas Korea, Son Heung-min.

Banyaknya suporter yang hadir di Pakansari membuat pedagang tak kurang akal. Para pedagang atribut yang biasanya menjual atribut Indonesia kini menjual pernak-pernik Korea Selatan dan Vietnam, mulai syal hingga ikat kepala.

Sayangnya, pada laga semifinal Asian Games 2018 itu, suporter Vietnam yang berada di tribune barat sempat menyalakan flare.

Sumber: Bola.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Paralayang Sumbang Perunggu ke-35 bagi Indonesia di Asian Games 2018
Artikel Selanjutnya
Detik-Detik Atlet Pencak Silat Peluk Jokowi dan Prabowo