Sukses

Asian Games 2018: Kalah dari Tiongkok, Tim Basket Filipina Salahkan Wasit

Tim Filipina kalah dalam laga kedua Grup D Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih timnas basket putra Filipina, Yeng Guiao kecewa berat kalah melawan Tiongkok, Selasa (21/8/2018). Ia menyebut kekalahan dalam laga kedua Grup D di Asian Games 2018 itu tak lepas dari kepemimpinan wasit.

Ya, Filipina kalah tipis 80-82 dalam laga tersebut. Padahal mereka sudah diperkuat bintang NBA, Jordan Clarkson.

Kekalahan tipis ini membuat Guiao marah besar. Dia menilai wasit bertindak berat sebelah dalam laga tersebut.

"Mereka menunjuk wasit asal Hong Kong yang notabene masih bagian dari Tiongkok. Anda bisa lihat wasit memberikan 39 free throws bagi Tiongkok dan hanya 15 bagi kami," ujar Guiao seperti dilansir Channel News Asia.

"Jadi saya pikir seseorang dari Hong Kong, yang negaranya masih di bawah Tiongkok, memimpin laga Tiongkok," kata Guiao menambahkan.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sorotan

Kehadiran tim Filipina di Asian Games 2018 ini memang penuh sorotan. Awalnya mereka sempat mundur karena mayoritas pemainnya dihukum FIBA.

Namun mereka akhirnya memutuskan tampil dengan skuat tersisa. Bahkan pada detik-detik terakhir, mereka akhirnya diperkuat oleh Jordan yang bermain untuk Cleveland Cavaliers.

Meski menjadi top scorer saat melawan Tiongkok, namun Jordan belum bisa membantu timnya menang.

3 dari 3 halaman

Kesalahan

"Kami harus menyimpannya dalam beberapa menit terakhir karena dia kram. Saat dia bermain lagi kondisinya tidak seperti di awal," ujar Guiao.

"Namun kami akui berbuat banyak kesalahan dalam 60 detik terakhir," Guiao mengakhiri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.