Sukses

Wujud Medali Asian Games Terinspirasi dari Logo dan Maskot

Liputan6.com, Tangerang - Perhelatan akbar olahraga se-Asia atau Asian Games 2018 kurang dari sepekan. Selain persiapan venue pertandingan, medali yang diperebutkan pun juga sudah dibuat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (12/8/2018), ada lebih dari 400 medali yang siap diperebutkan dan kini sudah berada di tangan pihak INASGOC selaku panitia Asian Games 2018.

Saat proses pembuatan ada sekitar 18 contoh medali dalam aneka ukuran, warna, dan ketebalan.

Motif medali terinspirasi dari logo Asian Games 2018 dan motif kain nusantara yang dikenakan ketiga maskot Asian Games 2018, yakni Bhin Bhin, Atung, dan Kaka.

"Kita coba gabungkan ketiga motif batik ini ke dalam satu desain medali. Kita anggap seperti Bhineeka Tunggal Ika, itu sih pesannya," kata desainer medali Asian Games 2018 Erwin Nenyung.

Dibuat selama satu tahun, medali-medali tersebut menggambarkan Indonesia sebagai semangat Asia dan kebhinekaan yang ada di Tanah Air. Sedang bentuk dan wujud akhir dari medali-medali itu baru akan ditampilkan saat Asian Games resmi dibuka.

"Mana yang kita pilih, kita umumkan saat hari H supaya surprise," ujar Sekjen INASGOC Eris Herryanto.

Medali tersebut memiliki diameter antara 7 hingga 10 sentimeter dan memiliki ketebalan antara 0,6 hingga 1 sentimeter. Berlapiskan emas, perak, dan perunggu.

Sebanyak 465 medali sudah disiapkan untuk diperebutkan dalam 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. (Muhammad Gustirha Yunas)