Sukses

Asian Games 2018: Bakal Hadapi Korsel, Perbasi Tetap Percaya Diri

Tim basket putra Indonesia akan bertemu dengan juara bertahan Korsel di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Dari tujuh cabor, hasil undian basket Asian Games 2018 jadi salah satu yang tak menguntungkan Indonesia. Untuk tim putra, salah satu lawan yang akan dihadapi adalah Korea Selatan.

Dalam undian Asian Games 2018 yang digelar di JS Luwansa Hotel & Convention Center, Kamis (5/7/2018), tim basket putri Indonesia masuk Grup A bersama gabungan Korea, Taiwan, Kazakhstan, dan India. Sedangkan Grup B dihuni Tiongkok, Jepang, Thailand, Hong Kong, dan Mongolia.

Untuk tim putra Indonesia, mereka akan menghadapi Korea Selatan, Mongolia, dan Thailand. Meski terbilang enteng ketimbang grup lain, tetap saja ketiga tim tersebut bukan lawan yang mudah, khususnya Korsel.

"Kami bersykur atas hasil drawing yang berjalan lancar. Dari pengamatan kami, penempatan Indonesia di grup masing-masing putra dan putri cukup baik juga, memberikan kami semangat karena kami sangat mungkin maju ke fase knock out," ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perbasi, Budi Djiwandono saat ditemui Liputan6.com.

Untuk tim basket Indonesia, Asian Games 2018 adalah ajang yang sulit bagi mereka. Ini juga jadi kali pertama tim basket Indonesia kembali tampil di Asian Games sejak terakhir kali pada edisi 1962.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimistis Bersaing

Karenanya, Perbasi pun tak mau muluk-muluk soal pencapaian tim putra dan putri nanti di Asian Games 2018. Namun, khusus untuk putra, Perbasi memiliki kepercayaan diri untuk bersaing sengit di fase grup.

"Untuk tim putra cukup berat, tapi tidak mustahil. Karena mungkin yang paling berat adalah Korea. Ada Mongolia dan Thailand juga. Korea memang sudah sangat hebat, tapi Mongolia dan Thailand, saya percaya kami sangat bisa berkompetisi dengan mereka," Budi menjelaskan.

"Tinggal kita harus menanamkan semangat, jangan sampai pemain-pemain kita lengah, bisa fokus, mendengarkan intruksi pelatih, percaya diri, saya yakin kita mampu," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Hasil Undian Basket Asian Games 2018

Putri

Grup A: Gabungan Korea, Taiwan, Indonesia, Kazakhstan, India

Grup B: Tiongkok, Jepang, Thailand, Hong Kong, Mongolia

Putra

Goup A: Korea Selatan, Mongolia, Indonesia, Thailand

Goup B: Iran, Filipina, Syria, Uni Emirat Arab

Goup C: Jepang, Qatar, Taiwan, Hong Kong

Grup D: Kazakhstan, Tiongkok, Palestina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.