Sukses

Erick Thohir: Asian Games 2018 Bisa Jadi Jalan Menuju Olimpiade 2032

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organisme Committee (INASGOC) Erick Thohir kembali menekankan terkait dampak jangka panjang penyelenggaraan Asian Games 2018 bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

Dia mengatakan, gelaran olahraga terbesar se-Asia tersebut mampu memberikan warisan berupa dampak ekonomi pada berbagai sektor.

Seperti contoh, berbagai pembenahan infrastruktur yang saat ini INASGOC lakukan bisa jadi bekal bagus bagi Tanah Air yang tengah mengincar untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Ini bisa jadi semacam legacy. Perbaikan infrastruktur jadi modal bagus untuk ke depan. Kalau kita sukses dengan Asian Games ini, dan kalau 2032 (Indonesia) dapat Olimpiade, kita sudah siap," ujar dia di Lobby Media Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Selain itu, dia menambahkan, dampak ekonomi dari gelaran ini pun akan sangat besar. Menurutnya, penyelenggaraan Asian Games juga akan banyak membuka lapangan kerja dengan adanya kerjasama di bidang souvenir dengan berbagai pengusaha lokal, baik lokal maupun internasional.

"Kita mayoritas produk dan orangnya pasti lokal. Semisal merchandising, sudah kerjasama dengan 17 perusahaan. 15 itu dari lokal, cuman dua yang asing, Royal Selangor dan Giordano. Kedua perusahaan luar itu pun kualitasnya memang yang sudah terpercaya," tuturnya.

 

2 dari 2 halaman

Perhitungan Bapenas

Berdasarkan perhitungan sementara Bappenas, dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung luar negeri yang datang ke Indonesia selama Asian Games 2018 berlangsung, itu diperkirakan sebesar Rp 3,6 triliun.

Secara hitungan komposisi, jumlah tersebut terdiri dari 88 persen cost yang berasal dari penonton dan wisatawan, diikuti 4,67 persen pengeluaran atlet, 3,96 persen pengeluaran awak media, 2,34 persen uang officials, dan 0,77 persen pengeluaran sukarelawan.

Erick menyatakan, akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai Rp 1,3 triliun.

Lebih lanjut, dia lagi-lagi menekankan, bahwa Asian Games 2018 Indonesia tidak hanya sekedar acara olahraga belaka. Dia bilang, ini adalah sebuah branding bagi negara kepada pihak dunia.

"Lewat Asian Games, Kita nantinya ingin punya produk, manusia dan masyarakat Indonesia yang dikenal baik oleh dunia," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tokoh Ini Jadi Menteri Kabinet Jokowi - Ma'ruf Usai Berperan Sukseskan Asian Games 2018