Sukses

Kementerian PUPR Bangun 15 Rusun untuk Dukung Asian Games

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membangun 15 tower rumah susun

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membangun 15 tower rumah susun. Rusun ini dibangun untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII di 2018 nanti.

Dari rilis yang diterima, Minggu (3/7/2016), sebanyak 10 tower rusun saat ini masih dalam tahap pembangunan di Kemayoran, Jakarta dan lima tower lainnya dibangun di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, Palembang.

“Kami akan mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 mendatang dengan membangun sebanyak 15 tower Rusun sebagai wisma atlet,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin.

Syarif menjelaskan saat ini proses pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) yang berada di Jakarta yang berada di zona C2 dan D10 Kemayoran sudah memasuki tahap pekerjaan struktur bawah dan diperkirakan pekerjaan penyelesaian pondasi selesai pada akhir bulan Juli ini.

“Untuk pembangunan konstruksi wisma atlet di Jakabaring, Palembang terbagi menjadi dua yakni pembangunan tiga tower telah selesai dilaksanakan pada tahun 2015 dan dua tower lain akan dimulai pekerjaan konstruksi pada bulan Juli hingga Desember 2016,” terangnya.

Sebagai informasi, di Kemayoran, Jakarta nantinya dibangun sejumlah 10 tower dengan variasi ketinggian 18 lantai, 24 lantai dan 32 lantai dengan jumlah unit sebanyak 7.426 unit.

Sedangkan di Wisma Atlet di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang dibangun sebanyak lima tower di mana tahun 2015 lalu telah selesai tiga tower setinggi lima lantai seluas 11.993 meter persegi sebanyak 192 unit, dan tahun 2016 akan dibangun sebanyak dua tower sedang dalam tahap pembangunan setinggi lima lantai seluas 7.995 meter persegi dengan total unit sebanyak 128 unit.

Lebih lanjut, Syarif juga menerangkan, BUMN Perumnas juga ikut mendukung pelaksanaan Asian Games di Palembang dengan membangun Rusun Milik (Rusunami) sebanyak tiga tower masing-masing setinggi 22 lantai dengan total 2.291 unit.

“Rusunami tersebut akan dimanfaatkan sebagai wisma atlet sementara sebelum dijual ke masyarakat umum. Perumnas telah melakukan groundbreaking pada Juni 2016 lalu untuk memulai pembangunan rusunami yang akan dinamakan Apartemen Sentraland Jakabaring,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.