Sukses

China Jadi Tolak Ukur Ekonomi Negara-negara APEC

Presiden Chili Sebastian Pinera mengatakan perekonomian China merupakan tolak ukur bagi seluruh negara di Asia Pasifik. Hal ini mengingat China banyak bekerjasama dengan sebagian besar negara di kawasan tersebut.

"Semakin stabil ekonomi China, maka semakin stabil ekonomi Asia Pasifik. Dan semakin stabil ekonomi Asia Pasifik, maka ekonomi dunia juga semakin stabil," ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara APEC CEO Summit 2013 di BICC, Nusa Dua, Bali, Minggu (6/10/2013).

Beberapa waktu lalu, perlambatan ekonomi di China juga ikut mempengaruhi pertumbuhan negara-negara berkembang khususnya  yang berada di kawasan Asia Pasifik. Meski demikian, Chili berharap dapat memperoleh lebih banyak peluang bisnis dengan China.

"Tentu saja kita ingin melihat lebih banyak peluang bisnis dari Asia khususnya China," ungkapnya.

Hal ini juga dipertegas Menteri Keuangan Chatib Basri yang turut menjadi pembicara dalam acara tersebut.Dia mengatakan, Indonesia merupakan salah satu mitra dagang China yang berperan sebagai importir sekaligus eksportir.

"Kalau kita bicara ekonomi Asia Pasifik, kita perlu melihat ekonomi China terlebih dahulu. Kehadiran China sangat penting bagi ekonomi APEC khususnya bagi Asia Tenggara," ujarnya.

Meski demikian, Presiden Chili tetap memandang Indonesia sebagai negara yang potensial untuk berinvestasi. Pinera bahkan langsung menanyakan minat Indonesia untuk bekerjasama pada Chatib. (Sis/Igw)
Loading