Demokrat: Tak Usah Buru-buru Tentukan Calon Pilkada DKI 2017

Demokrat tak mempermasalahkan bila partai lain sudah melakukan penjaringan untuk Pilkada DKI 2017.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 08 Mar 2016, 07:42 WIB
Syarief Hasan (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat menyatakan tidak akan terburu-buru menentukan siapa nama yang akan diajukan dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.  Demokrat akan menunggu waktu yang tepat, karena penyelenggaraan pilkada masih lama.

"Belum, masih panjang umurnya. Tak usah buru-buru," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 7 Maret 2016.

Syarief menuturkan, bakal calon yang akan diusung Demokrat dalam Pilkada DKI 2017 bisa dari internal partai atau bisa dari luar. Dia tak mempermasalahkan bila partai lain sudah memiliki sosok yang diunggulkan dalam pilkada.

"Biarkan saja partai lain sudah melakukan penjaringan," ujar dia.

Dia juga tidak mempermasalahkan sikap rekan separtai, Ruhut Sitompul, diundang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sebab, hal itu merupakan hak pribadi Ruhut sendiri untuk mau mendukung siapa.

"Itu Ruhut pendapat pribadi. Boleh-boleh saja. Setiap orang sah-sah saja," Syarief menandaskan.

Sementara itu, PAN telah memunculkan nama baru yang kemungkinan akan diusung partai tersebut.

"Saya sudah umumkan nama-nama kan, dari internal itu ada Pak Yoto, Suyoto Bupati Bojonegoro 2 kali, bupati yang berhasil itu yang lagi kita gadang-gadang dari internal. Lalu dari luar itu ada apa Ahok, ada Pak Yusril, ada Ahmad Dhani, ada Sandiaga, dan Adhyaksa," ucap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Ketua MPR itu mengaku nama-nama tersebut sudah di-launching oleh PAN selama 2 bulan ini. Selanjutnya akan dilakukan survei.

"Kita survei siapa yang diinginkan rakyat Jakarta, itulah yang akan kami dukung, tapi itu juga yang ingin kami dukung, kalau enggak mau kan enggak bisa juga. Nanti katanya rakyat Jakarta, siapa yang diinginkan itu yang kita jadikan calon gubernur," kata dia.

PAN juga mengaku akan berkoalisi dengan partai-partai lain sehingga tidak akan mengusung nama sendiri dalam Pilkada DKI 2017.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya