TV Poll: Striker Terbaik Pilihan Anda

Dari 32 tim yang berhak tampil di Piala Dunia 2006, lebih dari sepuluh striker yang berpeluang menjadi striker terbaik sedunia. Kiprah sang striker di kancah liga domestik bisa menjadi cerminan performanya saat Piala Dunia nanti.

oleh Liputan6 diperbarui 24 Mar 2006, 16:52 WIB

Memilih seorang penyerang terbaik di pergelaran Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman Juni-Juli mendatang memang tidak semudah membalik tangan. Dari 32 tim yang berhak tampil, ada lebih dari sepuluh striker yang pantas untuk dikedepankan, mulai dari top skorer PD 2002 lalu, Ronaldo sampai “muka baru” Wayne Rooney.

Untuk menjadi kandidat atau nominasi penyerang terbaik, sang striker terlebih dahulu harus mampu membawa negaranya merebut prestasi tinggi di ajang sepakbola paling bergengsi itu. Meski begitu, kiprah sang striker di kancah liga domestik bisa menjadi cerminan performanya saat Piala Dunia nanti. Siapa saja striker yang diprediksi bakal bersinar dan menjadi yang terbaik di Jerman?

Thierry Henry
Penyerang andalan Prancis kelahiran Les Ulis, Paris ini memang pantas untuk menjadi kandidat penyerang terbaik di Piala Dunia 2006. Pencapaiannya bersama Arsenal, klub yang dibelanya sejak Agustus 1999, bisa dibilang spektakuler. Henry telah mencetak lebih dari 200 gol di semua kompetisi yang diikuti Arsenal.

Runner-up
pemain Terbaik Dunia Versi FIFA 2003 dan 2004 itu juga mampu tampil padu bersama timnas Prancis. Ia berkontribusi saat Les Bleus merebut gelar juara dunia untuk pertama kalinya di PD 1998 dan merebut Piala Eropa 2000. Henry juga menjadi top skorer sekaligus membawa Prancis menjuarai Piala Konfederasi 2003.

Henry mempunyai skill individu yang luar biasa dalam men-driblle bola. Selain mampu berlari cepat, keahliannya dalam menendang bola dari berbagai sisi disertai dua kakinya yang “hidup” dalam mencetak gol adalah bukti bahwa striker yang akan menginjak usia 29 tahun pada Agustus mendatang itu pantas menjadi penyerang kelas wahid.

Ronaldo
Luís Nazário de Lima Ronaldo, nama lengkapnya. Penyerang berkepala plontos ini merupakan sosok yang tak tergantikan dalam tim nasional Brasil, tim yang selalu menjadi favorit juara dalam setiap pesta Piala Dunia. Sejak berusia muda, Ronaldo telah menjadi sosok perhatian dengan kecepatannya dalam menggiring bola dan menerobos pertahanan lawan. Kemampuannya ini membuat Ronaldo dijuluki The Phenomenon. Ronaldo juga merupakan peraih penghargaan FIFA World Player of The Year termuda sepanjang sejarah pada 1997. Saat itu ia baru berusia 20 tahun.

Yang mungkin menjadi hambatan bagi prestasi Ronaldo di event bergengsi di Jerman nanti adalah faktor mental. Tekanan (beban) yang berlebihan yang menimpa Ronaldo saat PD 1998 lalu membuat Brasil gagal tampil maksimal di partai final. Kebesaran Ronaldo pun terkubur. Jika faktor itu mampu dieliminasi, Ronaldo masih pantas menjadi salah satu striker terbaik di dunia.

Hernan Crespo
PD 2006 kali ini merupakan kesempatan terakhir bagi penyerang Argentina yang kini bermain bersama Chelsea itu untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Pada Juli nanti, Hernan Jorge Crespo akan genap berusia 31 tahun, usia maksimal bagi seorang striker.

Kehebatan Crespo sebagai seorang penggedor gawang lawan terletak pada kemampuannya untuk mencari posisi di kotak penalti. Crespo pun jeli melihat posisi penjaga gawang dan terampil dalam “meletakkan” bola. Faktor itulah yang membuat Crespo mampu mencetak gol dari luar kotak 16 meter.

Dua golnya saat Argentina mengalahkan musuh bebuyutan Brasil di Buenos Aires, Juni 2005 selain memastikan lolosnya tim Tango ke Jerman 2006 juga sekaligus mengukir sejarah bagi Crespo, top skorer bagi negaranya sepanjang sejarah dalam babak kualifikasi.

Wayne Rooney
Inilah sosok yang akan menjadi pusat perhatian utama publik sepakbola saat PD 2006. Bahkan, pemain termuda sepanjang sejarah Inggris yang mampu tampil bersama tim senior itu diprediksikan akan menjadi kunci kemenangan The Three Lions.

Rooney merupakan pemain termuda sepanjang sejarah premiership league yang mampu mencetak gol. Ia berusia berusia 17 tahun kurang lima hari saat timnya Everton mengalahkan Arsenal, Oktober 2002. Berkat aksinya itu, Ronney menyabet BBC Sports Personality of The Year 2002.

Akselerasinya dalam menerobos pertahanan lawan didukung kondisi fisik yang gempal dan faktor keberaniannya dalam berduel membuat Rooney menjadi momok yang menakutkan bagi setiap lawan. Apabila Rooney mampu tampil tenang dan elegan dalam setiap pertandingan, Inggris mungkin akan mampu melaju sampai babak final. Jika ini terjadi tak pelak lagi, Rooney akan dinobatkan sebagai penyerang terbaik dunia.

Ruud Van Nistelrooy
Pemain kelahiran Oss, North Brabant, Juli 1976 ini telah menyumbang 25 gol dari 48 partai yang dilakoninya bersama tim nasional Belanda. Kehebatan Ruudtje, panggilan Ruud Van Nistelrooy, terletak pada kualitas finishing touch-nya dalam mencetak gol. Gerak refleksnya dalam menyambut bola di kotak penalti seringkali membuat terperangah kiper lawan. Itulah yang membuat Nistelrooy dinobatkan sebagai salah satu finisher terbaik di dunia saat ini.

Sayangnya, akhir-akhir ini Ruudtje sering duduk di bangku cadangan Manchester United. Ia mulai jarang dimainkan Alex Ferguson, pelatih Manchester United. Jika saja Nistelrooy mampu tampil kembali dalam setiap pertandingan premiership, mantan striker PSV Eindhoven itu akan semakin tajam dan siap merobek jala gawang setiap lawan Tim Oranye.

WORLD CUP POLLING
Siapa striker terbaik di Piala Dunia 2006 pilihan Anda?
A. Thierry Henry
B. Ronaldo
C. Hernan Crespo
D. Wayne Rooney
E. Ruud Van Nistelrooy


|TVPOLL=2006-03-26|

Ketik WCP[spasi]A/B/C/D/E
Kirimkan pilihan Anda melalui SMS ke 7288.
Tarif Rp 2.000 per SMS untuk seluruh operator.

Contoh: WCP A

SMS yang termasuk dalam jawaban terbanyak akan diundi untuk mendapatkan pemenang. Ada hadiah uang tunai sebesar Rp 1.000.000 untuk satu orang pemenang.

Polling berikutnya dan pemenang polling akan diumumkan di acara World Cup Center SCTV setiap Sabtu pukul 23.30 WIB.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya