Sukses

4 Trik Atur Waktu Kuliah Sambil Kerja

Liputan6.com, New York - Kuliah sambil bekerja tentu bukan hal yang mudah, mengingat banyak tugas menanti untuk segera dikerjakan. Kadang Anda bahkan tak memiliki waktu untuk diri sendiri lantaran terlalu sibuk menuntut ilmu di kampus bersamaan dengan bekerja di kantor.

Tak heran, jika sebagian besar mahasiswa akhirnya harus memilih antara meneruskan belajar atau berhenti kuliah dan lanjut bekerja. Padahal mengatur waktu saat kuliah sambil bekerja dapat dilakukan meski memang terasa sulit.

Anda tetap bisa sukses menjalani pekerjaan hingga meraih gelar sarjana dari kampus. Berikut empat cara atur waktu bagi yang sedang kuliah sambil bekerja seperti dilansir dari Lifehack.org, Jumat (5/6/2015):

1. Diskusi dengan dosen pembimbing

Anda bisa membicarakan waktu kuliah dan kondisi kerja pada dosen pembimbing di kampus. Minta beberapa saran jika ada kelas yang bisa diikuti secara online atau meminta jadwal kuliah yang lebih fleksibel.

Banyak kampus yang kini sudah mulai menawarkan manajemen waktu kerja, dan ada beberapa cara yang bisa dicoba. Anda juga perlu membahas kondisi tersebut dengan atasan di kantor.

Ada beberapa waktu di mana Anda tak bisa masuk kantor karena ada kegiatan lebih penting di kampus seperti ujian.

2. Gunakan skala prioritas

Orang sukses sangat memahami kegiatan, bagaimana memanfaatkan waktu dan realistis menghadapi situasi yang ada. Pelajari berbagai teknik yang membuatnya dapat melakukan beberapa pekerjaan ganda dalam waktu sibuk.

Yang terpenting adalah Anda mampu memprioritaskan tugas di kampus dan kantor. Anda tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dulu dan lebih penting. Pandai mengatur prioritas akan memudahkan Anda mengatur waktu kuliah dan kerja.

3. Fokus

Tetap fokus adalah salah satu kunci mengatur waktu di kampus dan kantor. Pastikan juga Anda tidak memikirkan tugas kuliah saat berada di kantor, begitu juga sebaliknya.

Belajar juga dari kesalahan yang pernah dilakukan dan kerjakan tugas-tugas dari kantor dan dosen sebaik mungkin. Ingat selalu berusaha lakukan yang terbaik tak peduli seberapa ketat jadwal Anda.

4. Tidur cukup

Kopi bukan jalan keluar saat harus mengerjakan tugas kuliah dan kantor bersamaan. Saat jadwal kian padat, pastikan Anda tetap tidur teratur.

Kurang tidur justru dapat membuat pekerjaan lebih sulit karena dapat memicu gangguan kesehatan mental, fisik, meningkatkan stres dan seluruh jadwal kerja dan kuliah terganggu.

Mengatur waktu bukanlah kemampuan yang bisa datang begitu saja. Butuh waktu hingga Anda dapat melakukannya dengan baik.(Sis/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini