Sukses

VIDEO: Meriahnya HUT Kota Banyuwangi, Festival Kuwung 2015

Pemerintah Kota Banyuwangi merayakan ulang tahunnya yang ke 244.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemerintah Kota Banyuwangi menggelar Festival Kuwung untuk merayakan ulang tahunnya ke 244.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (6/12/2015), menyaksikan sendratari di sana, bisa jadi akan mengira bahwa acara itu berlangsung di Bali. Nyatanya, panggung tersebut digelar di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu malam dan merupakan bagian dari Festival Kuwung 2015.

Kota Banyuwangi memang tidak hanya menampilkan kesenian dari bumi Blambangan, tapi juga kesenian daerah lain seperti Pasuruan, Probolinggo, serta Bali.

Festival Kuwung kali ini mengangkat tema Folklore yang mengambarkan sejumlah legenda rakyat bumi Blambangan. Selain itu, ada juga legenda rakyat lain seperti Bambang Menak diwisuda, Jajang Sebarong, Gemulung Ombak Sembulung, hingga tradisi Kebo-keboan.

Selain untuk merayakan ulang tahun Kota Banyuwangi, Festival Kuwung sekaligus menjadi pamungkas dari 38 event dalam gelaran Banyuwangi Festival 2015, yang telah digelar sejak Januari 2015 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.