Sukses

VIDEO: Portland, Kota dengan Berbagai Keramahan Bersepeda

Pesepeda di Kota Portland mendapat berbagai perlakuan spesial di jalan.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Minimnya fasilitas untuk pengguna sepeda, membuat peminat sepeda merasa tak aman dan nyaman. Namun berbeda di Portland, Amerika Serikat. Pesepeda justru mendapat perlakuan spesial di jalan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (28/11/2015), meski hujan turun di Portland, tak mengurangi semangat warga beraktivitas menggunakan sepeda. Di sana memang nyaman menggunakan sepeda. Jalan-jalan lebar dibangun khusus untuk pesepeda dan pejalan kaki, agar terhindar dari ancaman kendaraan bermotor.

Segala fasilitas di kota dibuat mendorong warga agar menggunakan sepeda. Bahkan transportasi umum seperti bus, dirancang dapat mengangkut sepeda penumpangnya.

Hal unik lain adalah, di Jembatan Hawthorne yang merupakan jembatan dengan lift vertikal tertua di Amerika Serikat, dibangun jalan tambahan untuk pesepeda dan pejalan kaki. Jembatan sepanjang 421 meter ini menjadi lintasan sepeda tersibuk di Portland, yang mencapai 8000 sepeda per harinya.

"Kami memberi perlakuan khusus pada pengguna sepeda, seperti dengan adanya alat penghitung di Jembatan Hawthorne, jalan yang lebih lebar, atau memberi warna hijau di jalan yang menandakan ini area khusus pengendara sepeda. Bagi mobil yang menunggu di lampu lalu lintas, dilarang menempati area tersebut," ujar Direktur Eksekutif 1000 Friends of Oregon, Jason Miner.

Dengan banyaknya warga menggunakan sepeda, tentu mengurangi kadar polusi di udara dan meningkatkan kualitas hidup warganya. (Nda/Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.