Sukses

Tim Satgas Karhutla: Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Disengaja

Setiap tahun kabut asap dampak dari kebakaran hutan menyelimuti kawasan Riau dan sekitarnya.

Liputan6.com, Riau - Sebuah gambar yang diambil dari udara menunjukan luasnya sisa kebakaran yang melanda hutan di Provinsi Riau. Selain itu kebakaran hutan juga masih terjadi. Titik api juga terlihat dari pantauan udara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (5/8/2015), tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), mengambil kesimpulan bahwa kebakaran hutan dan lahan dilakukan dengan sengaja dan terorganisir, yang dilakukan pihak tidak bertanggungjawab.

Pembakaran hutan ini bertujuan untuk membuka area perkebunan baru, karena pembakaran merupakan cara yang mudah dan sangat efektif untuk membuka lahan.

Kesimpulan ini didapat setelah Satgas Karhutla melakukan penelitian di sejumlah hutan dan lahan di Riau yang terbakar. Ketua tim Satgas Karhutla Danrem 031 Wirabima, Brigjend Nurendi, segera melapor ke gubernur Riau mengenai temuan Satgas Karhutla.

Setiap tahun kabut asap dampak dari kebakaran hutan menyelimuti kawasan Riau dan sekitarnya.

Namun tidak pernah ada tindakan nyata dari pemerintah untuk menghukum para pelaku pembakaran hutan secara sengaja.

Tindakan tegas sangat diperlukan agar kebakaran yang menyebabkan kabut asap dapat diantisipasi. (Dan/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini