Sukses

Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas Sejauh 3.000 Meter

Gunung Api Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara kembali mengeluarkan abu vulanik dan awan panas.

Liputan6.com, Tanah Karo - Gunung Api Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara kembali mengeluarkan abu vulanik dan awan panas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (23/7/2015), semburan abu vulkanik disertai luncuran awan panas guguran sejauh 3.000 meter ke arah selatan dan tenggara Gunung Sinabung tampak membumbung tinggi.

Hingga kini status Gunung Sinabung masih berstatus Awas atau Level IV, sehingga warga yang berada di sekitar zona merah tetap waspada dan berada di luar radius 7 kilometer dari kawah Gunung Sinabung.

Selain itu, warga juga diminta mewaspadai potensi lahar dingin, mengingat hujan sudah kerap terjadi di kawasan Gunung Sinabung.

Di tempat lain, akibat erupsi Gunung Raung (3.332 mdpl) yang terus menyemburkan abu vulkanis hingga ketinggian 2 kilometer, menyebabkan penutupan Bandara Blimbingsari di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Data seismik mencatat masih terekam tremor vulkanik atau letusan menerus dengan amplitudo dominan 27 milimeter. Sehingga kesimpulan letusan Gunung Raung menerus dan statusnya masih Level III atau Siaga. (Mar/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini