Sukses

Kilas Indonesia: Kelompok Aboge Mulai Puasa Jumat

Berdasarkan perhitungan kalender Jawa yang menjadi landasan penentuan awal puasa, kaum Aboge baru akan menjalankan ibadah pada hari Jumat.

Liputan6.com, Surabaya - Pasca kebakaran toko Aman Jaya di kawasan Keputran, Surabaya, Jawa Timur yang menewaskan 3 penghuninya, tim laboratorium forensik melakukan olah TKP. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (18/6/15).

Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur melakukan olah TKP di toko Aman Jaya yang terbakar. Olah TKP di lakukan untuk mencari titik awal api yang menyebabkan 3 ruko terbakar dan mengakibatkan 3 penghuni tewas terpanggang.

Di Banyumas, kendati pemerintah sudah menetapkan 18 Juni 2015 sebagai hari pertama puasa Ramadan, umat Islam Aboge (alip rebo wage) di Desa Cikawung, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah belum melaksanakan puasa.

Berdasarkan perhitungan kalender Jawa yang menjadi landasan penentuan awal puasa, kaum Aboge baru akan menjalankan ibadah pada Jumat 19 Juni mendatang.

Ada pun di Karanganyar, belasan polisi wanita (polwan) Polres Karanganyar, Jawa Tengah, menggelar aksi simpatik membagikan jadwal imsakiyah kepada pengendara di Jalan Raya Karanganyar.

Para polwan juga memberikan sosialisasi pendidikan keselamatan berkendara kepada pengguna jalan agar senantiasa menaati peraturan lalu lintas dan meningkatkan kewaspadaan.

Sementara di Jakarta Barat, saat melakukan kunjungan ke Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menampik adanya laporan bahwa panti tersebut sudah kelebihan warga binaan.

Pernyataan Djarot Syaiful berbanding terbalik dengan kepala panti sosial, Sarima yang menyatakan bahwa saat ini penghuni panti mencapai 787 orang, melebihi batas dari kapasitas maksimum sebanyak 700 penghuni. (Nda/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini