Sukses

Makin Kaya, Harta Bill Gates Bertambah Jadi Rp 942 Triliun

Kekayaan pendiri Microsoft, Bill Gates, meningkat sebanyak US$ 15,8 milyar menjadi US$ 78,5 milyar atau Rp 942 triliun pada tahun 2013.

Siapa yang tak kenal dengan Bill Gates, pendiri perusahaan software Microsoft. Pria berotak cerdas yang pernah kuliah di Harvard University ini kerap kali mengukir namanya sebagai orang terkaya di dunia.

Bahkan menurut catatan Bloomberg Billionaires Index, orang-orang yang dinobatkan sebagai orang terkaya justru menjadi lebih kaya lagi pada tahun 2013, Bill Gates salah satunya.

Kekayaan Gates meningkat sebanyak US$ 15,8 milyar menjadi US$ 78,5 milyar atau Rp 942 triliun (kurs US$1 = Rp 12.000) pada tahun 2013, seiring naiknya nilai saham Microsoft 40%. Padahal Gates dikenal sangat dermawan dan sering menyumbangkan uangnya untuk yayasan yang didirikannya bersama sang istri, Bill and Mellinda Gates Foundation, dan ke tempat lain.

Bill Gates memang memiliki porsi saham yang besar di Microsoft. Menurut Bloomberg, saham Microsoft menyumbang sekitar 17% kekayaan Bill Gates. Tapi tahukah Anda, tambahan harta kekayaan Gates itu bukan hanya berasal dari Microsoft saja, namun dari bisnis lain yang digelutinya di luar Microsoft.

Sumber pemasukan terbesar Gates bukan datang dari Microsoft, melainkan dari Canadian National Railway yang berada di Montreal. Di sana Gates memiliki porsi kekayaan US$ 4,8 milyar.

Sumber uang Gates yang lain datang dari Republic Services, yang merupakan salah satu perusahaan terbesar pembuangan limbah di dunia. Di sana Gates memiliki kekayaan dengan porsi US$ 2,9 milyar.

Gates juga memiliki kekayaan senilai $ 2,9 milyar di Ecolab, yang merupakan produsen dan penyedia produk sanitary untuk berbagai industri. Manufaktur industri pertanian, Deere & Company, juga menjadi tambang uang Gates dengan nilai sekitar 8% atau US$ 2,7 milyar. Naiknya saham Gates di Canadian National Railway sebesar 34%, dan Ecolab yang melesat 45% menjadikan Gates tambah kaya raya.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, John Catsimatidis --miliarder real estate dan konglomerat pendiri Red Apple Group Inc.-- pernah mengatakan bahwa orang-orang kaya akan menjadi lebih kaya lagi pada tahun 2014 ini karena suku bunga akan tetap rendah, pasar modal terus meningkat , dan perekonomian akan tumbuh kurang dari dua persen. (dew)


Baca juga:
Bill Gates vs Obama, Siapa Paling Dikagumi Dunia?
Ini Cara Bill Gates Menghabiskan Uangnya di Masa Tua
Bill Gates Bercita-cita Ubah Urin Jadi Sumber Tenaga Listrik
Sambut Natal, Bill Gates Alih Profesi Jadi Sinterklas
Bill Gates Danai Pembuatan Kondom Terkuat di Dunia



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini