Sukses

Apa Saja Keluhan Para Pengguna Smartphone Mahal?

Bukan berarti ponsel high-end seperti Galaxy S4, Moto X, iPhone 5S, dan HTC One dengan teknologi tinggi tidak memiliki kekurangan.

Meski mahal, namun dominasi smartphone Android kelas high-end jumlahnya kian meningkat. Hadirnya inovasi berupa fitur dan teknologi baru menjadi daya tarik mengapa pengguna ponsel rela merogoh koceknya dalam-dalam demi membeli ponsel mahal.

Namun bukan berarti ponsel high-end seperti Samsung Galaxy S4, Motorola Moto X, Apple iPhone 5S, dan HTC One dengan teknologi tinggi tidak memiliki kekurangan. Tak sedikit pengguna yang telah membeli smartphone tersebut mengeluhkan perangkat tersebut.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Fixya, seperti dilansir PCMag, Selasa (3/12/2013) pengguna keempat gadget tersebut menyampaikan kekurangan smartphone premium tersebut. Berikut keluhan yang kerap dihadapi pengguna Galaxy S4, Moto X, iPhone 5S dan HTC One.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Moto X

Meski tidak dipasarkan secara global, namun pengguna Moto X mayoritas mengeluhkan masalah kapasitas penyimpanan yang disediakan Motorola. Sekitar 30% pengguna Moto X mengeluhkan sisa kapasitas 12 GB pada ponsel mereka dari 16 GB yang disediakan, tanpa kehadiran ekspansi memori eksternal.

Keluhan lainnya adalah mengenai kualitas layar, kabarnya saturasi warna dan tingkat warna cerah ponsel ini lebih tinggi dibandingkan ponsel kompetitor. Sebanyak 20% pengguna Moto X mengeluhkan resolusi layar 720 piksel yang dipilih oleh Motorola.

Keluhan lainnya yakni berupa kualitas kamera (dengan prosentase 20%) dan masalah GPS (Global Positioning System) sebesar 15%. Meski kabarnya kualitas kamera mengalami peningkatan, sayangnya hasil foto seakan tidak mencerminkan dibidik menggunakan ponsel high-end.
3 dari 5 halaman


2. Samsung Galaxy S4

Smartphone yang meluncur awal Maret 2013 lalu ini memang dibekali sejumlah fitur unggulan. Salah satunya fitur eye scrolling yang memungkinkan pengguna menggunakan matanya untuk menavigasi saat membolak-balikkan halaman e-book atau web. Namun di balik kecanggihannya, sejumlah pengguna kerap mengeluhkan baterai Galaxy S4 jadi cepat panas.

Sebanyak 25% pengguna mengeluhkan baterai ponsel yang mudah panas saat dipakai untuk bermain game dan browsing di saat bersamaan. Sedangkan 20% lainnya juga mengeluhkan masalah baterai yang mudah habis.

Selain masalah baterai, pengguna Galaxy S4 kerap dihadapkan pada masalah layar, fungsi ponsel saat dipakai menelpon dan berkirim pesan. Fixya menyebut jika resolusi layar Galaxy S4 cenderung lebih gelap dibandingkan ponsel lain.
4 dari 5 halaman

3. iPhone 5S

Meski ditujukan untuk segmen premium, bukan berarti iPhone 5S absen dari keluhan penggunanya. Senada dengan pengguna Samsung Galaxy S4 dan Moto X, iPhone 5S juga dihadapkan pada masalah baterai.

Sebanyak 25% pengguna iPhone 5S mengeluhkan daya tahan baterai yang mudah habis terutama saat menjalankan aplikasi yang menggunakan layanan lokasi. Keluhan lainnya terkair dengan penggunaan sidik jari pada fitur keamanan data.

25% pengguna merasa khawatir jika sidik jari yang digunakan pada iPhone 5S mereka disalahgunakan dan diimplementasikan pada fitur lainnya. Keluhan sebesar 15% masing-masing berupa ukuran layar dan aplikasi yang kerap tidak bekerja juga dikeluhkan oleh penggunanya.
5 dari 5 halaman

4. HTC One

Masalah daya tahan baterai juga ternyata menimpa ponsel yang kerap menuai pujian, HTC One. 20% pengguna ponsel besutan produsen asal Taiwan ini mengeluhkan baterai yang mudah panas dan kapasitasnya yang tidak sebanding dengan ukuran layar dan prosesor yang digunakan.

Keluhan lainnya yakni berupa masalah audio. Saat digunakan untuk mendengarkan musik, 20% penggunanya mengeluhkan jika kualitas speaker kurang optimal terutama saat digunakan untuk loudspeaker.

Kehadiran teknologi Zoe dan UltraPixel serta antar muka Blink Feed juga menjadi keluhan pengguna HTC One. 20% pengguna mengeluhkan slitna membidik objek saat siang hari karena dinilai terlallu terang dan kualitas cahaya juga dikeluhkan kalah dibandingkan smartphone high-end besutan kompetitor.

(vin/dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini