Sukses

Google Play Store Banyak Diunduh, Tapi Tak Menguntungkan

Google Play Store memiliki jumlah unduh 25% lebih banyak dibandingkan Apple AppStore, namun penghasilannya 50% lebih kecil dari Apple.

Persaingan antara dua toko aplikasi ternama, Google Play Store dan Apple AppStore, seakan tidak ada habisnya. Menurut data terbaru yang dirilis situs teknologi App Annie, pada kuartal ketiga tahun 2013 ini Play Store milik Google dilaporkan lebih unggul dalam segi jumlah aplikasi yang di-download dibandingkan Apple AppStore.

Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti toko aplikasi khusus pengguna perangkat Android tersebut lebih menguntungkan dibanding AppStore. Jika dilihat berdasarkan penghasilan, AppStore milik Apple ternyata masih lebih menghasilkan uang.

Menurut yang dilansir laman App Annie, Rabu (6/11/2013), Google Play Store memiliki jumlah unduh 25% lebih banyak dibandingkan AppStore. Namun yang disayangkan, penghasilannya justru 50% lebih rendah dibandingkan AppStore.

Baca juga: Mau Beli Semua Aplikasi Berbayar di App Store? Siapkan Rp 13 M

Keberhasilan Apple mencetak keunggulan lewat toko aplikasinya disinyalir didukung oleh daya beli aplikasi berbayar mereka oleh para pengguna perangkat iPhone dan iPad di wilayah China, Amerika dan Jepang. China bahkan menyumbangkan 40% jumlah download di AppStore untuk triwulan ketiga tahun 2013 ini yang berakhir September kemarin.

Berbeda dengan Google Play Store, toko aplikasi Apple AppStore dikenal memang didominasi oleh aplikasi berbayar. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini