Sukses

Motorola Kembangkan Konsep Ponsel Bongkar Pasang

Teknik ini diharapkan bisa mengurangi tingginya limbah yang disebabkan oleh perangkat elektronik yang jumlahnya semakin banyak di dunia.

Motorola telah mendobrak kebiasaan memproduksi handset dengan bawaan pabrikan yang seragam melalui Moto X. Handset yang dipasarkan di Amerika Serikat itu bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan penggunanya.

Kini, perusahaan yang sudah menjadi anggota keluarga Google itu kembali membuat inovasi di industri gadget melalui Project Ara. Proyek ini merupakan langkah baru yang dibuat Motorola agar pengguna bisa menyesuaikan ponsel dengan kebutuhan.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Rabu (30/10/2013), Google kabarnya berencana merilis MDK (Modul Developer Kit) dan pihak ketiga yang akan membuat modulnya. Desain dari inovasi baru Motorola terdiri dari endoskeleton atau endo dan modul.

Endo merupakan papan yang dipakai untuk memasang modul smartphone. Sedangkan yang disebut Motorola sebagai modul adalah 'prosesor, layar, keyboard, baterai maupun sensor maupun hal lain yang belum dipikirkan untuk dipasang' atau dalam bahasa sederhana merupakan komponen pada smartphone.

Motorola mengaku telah mengembangkan proyek ini selama setahun dan meminta bantuan kepada publik. Anda bisa mendaftar sebagai relawan yang disebut 'Ara Scout' dan mendapatkan email pemberitahuan setiap bulan dan bisa berbagi ide untuk proyek ini.

Motorola telah mempersiapkan aplikasi bagi relawan yang tertarik terlibat langsung dengan proyeknya itu. Aplikasi dari Motorola telah tersedia bagi pengguna perangkat berbasis iOS dan Android.

Sebelumnya, konsep serupa ponsel modular juga telah diperkenalkan oleh Dave Hakkens dalam Phonebloks. Hakkens membuat konsel ponsel layaknya lego yang bisa dibongkar pasang dengan mudah untuk memperbaiki komponen yang rusak ataupun disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Sepertinya konsep perangkat gadget 'bongkar pasang' sedang menjadi pertimbangan di industri elektronik. Teknik ini diharapkan bisa mengurangi tingginya limbah yang disebabkan oleh perangkat elektronik yang jumlahnya semakin banyak di dunia.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini