Sukses

5 Inovasi Baru di Smartphone Oppo N1

Oppo mengklaim telah membekali produk terbarunya itu dengan berbagai inovasi terbaru yang khusus dibuat untuk Oppo N1.

Oppo secara resmi meluncurkan smartphone Oppo N1 ke Indonesia. Handset yang mengunggulkan kemampuan kamera ini kelak akan bersaing dengan berbagai produk buatan vendor lain yang lebih dulu populer.

Galaxy S4 Zoom dari Samsung, Lumia 1020 dari Nokia, G2 dari LG dan Xperia Z1 dari Sony disebut-sebut akan menjadi lawan Oppo N1 di pasar smartphone kamera.

Meskipun begitu, Oppo mengaku tak gentar. Perusahaan asal China itu mengklaim telah membekali produk terbarunya itu dengan berbagai inovasi terbaru yang khusus dibuat untuk Oppo N1. Apa saja?

N-Lens

Kemampuan menangkap gambar di kamera tentu bergantung pada lensa yang dimilikinya. Vendor asal Negeri Panda ini mengklaim membuat lensa khusus yang dinamai N-Lens.

Oppo N1 menjadi handset pertama yang dipersenjatai lensa baru ini. Memiliki resolusi 13 MP dengan resolusi 4128 x 1920 piksel dan bukaan lensa f/2.0 diklaim akan membuat hasil jepretan Oppo N1 bisa bersaing dengan perangkat buatan pesaingnya.

Fitur ini pun dilengkapi dengan lensa 6p yaitu struktur lapisan 6 plastik pada lensa agar menghasilkan foto lebih detil.

Rotate Camera

Kamera putar pada ponsel bukanlah yang pertama. Vendor global seperti Nokia dan Sony Ericsson pernah membuat ponsel yang dapat diputar. Namun, di perangkat ponsel pintar Oppo mengaku menjadi yang pertama menyediakan fitur kamera putar.

Desain putar hingga 206 derajat dipilih Oppo setelah melakukan berbagai ujicoba. Sistem rotasi di kamera N1 diakui bisa diputar hingga 100 ribu kali.

"Kamera ini bisa kuat selama 7 tahun dengan 40 kali pemutaran setiap harinya untuk mengambil gambar sesuau angle yang diinginkannya," kata Effendy, Asisten CEO Oppo Indonesia.

Back Touchpad

Fitur ini cukup menarik. Penggunanya dapat menavigasi ponselnya dengan memanfaatkan sebuah kotak kecil yang ada di bagian belakang Oppo N1.

Menggeser menu, foto atau mengambil gambar bisa dilakukan melalui touchpad yang dipasang di tengah ponsel bagian belakang.

Sayangnya, back touchpad di Oppo N1 tak dibuat mencolok ataupun diberi penanda khusus yang membuatnya tidak begitu terlihat. Namun, bila sudah terbiasa memakainya mungkin masalah itu bisa diatasi.

Color OS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oppo mengaku membuatkan sebuah software khusus di perangkat buatannya yang dinamai Color OS. Perangkat lunak berbasis Android ini dibekali berbagai fitur unik seperti navigasi dengan menulis huruf tertentu untuk membuka aplikasi yang ada di dalamnya.

Selain itu ada pula navigasi gesture ala Apple juga diadopsi pada software ini. Penggunanya bisa mengatur volume dengan menggerakkan dua jari ke atas atau ke bawah maupun screenshot hanya dengan mengusap 3 jari ke bawah.

Lebih dari 400 peningkatan desain unik dan 37 paten khusus diakui Oppo ada di perangkat lunaknya. Meskipun Oppo mengaku Color OS sebagai platform, perangkat lunak ini lebih tepat disebut sebagai user interface.

O-Click

Aksesoris ini bisa berfungsi sebagai remote control bagi pengunanya ketika ingin melakukan jepret foto jarak jauh. Jadi, penggunanya bisa lebih leluasa dalam memilih sudut dan momen yang diinginkannya.

Tak hanya itu, aksesoris bernama O-Click ini juga bisa dipakai sebagai alat keamanan. Kedua perangkat yang terhubung melalui Bluetooth itu akan berbunyi ketika jarak keduanya lebih dari 15 meter, akan ada bunyi alarm untuk mengingatkan penggunanya bahwa handsetnya di luar jangkauan.

Sayangnya, O-Click dijual terpisah karena Oppo tak langsung menyediakannya dalam kotak pembelian N1. Harganya pun masih belum diketahui ketika masuk ke Indonesia nanti.


(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini