Sukses

Kapan Waktu Yang Tepat Kirim Ucapan Lebaran via Ponsel?

Banyak pesan dikirim bersamaan seringkali membuat jaringan operator penuh dan layanan terhambat. Lantas kapan waktu yang pas kirim ucapan?

Berkirim pesan untuk saling memohon maaf maupun sekedar mengucapkan selamat Idul Fitri sudah jadi tradisi di Indonesia. Perangkat telepon genggam yang makin canggih kini jadi sarana utama untuk mengirimkan ucapan di hari Lebaran.

Menurut Henry Wijayanto, Public Relation Manager PT. XL Axiata Tbk trafik komunikasi paling padat saat momen lebaran berada di dua hari menjelang hingga tiga hari setelah hari raya Idul Fitri. "Biasanya H-2 sampai H+3 Idul Fitri itu trafiknya paling tinggi," ungkap Henry yang Liputan6.com hubungi melalui layanan pesan instan, Senin (5/8/2013).

Sedikit berbeda dengan kepadatan yang ada di Indosat. Operator berwarna kuning itu mengaku kepadatan lalu lintas komunikasinya terjadi di H-1 hingga H+1 lebaran. "Kalau di Indosat padatnya sehari sebelum dan sehari sesudah lebaran," ungkap Adrian Prasanto, Division Head Public Relation PT. Indosat Tbk kepada Liputan6.com.

Kepadatan di layanan komunikasi oeprator tak jarang membuat laju lalu lintas komunikasi sedikit terganggu. Meskipun begitu baik Indosat maupun XL mengaku telah melakukan peningkatan kapasitas agar bisa menangani peningkatan lalu lintas komunikasi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) awal pekan lalu menyatakan akan ada sekitar 7 milyar pesan singkat yang dikirim pada H-1 hingga H+1 Idul Fitri 1434 H.

Kepala Humas dan Pusat Informasi Kominfo, Gatot S. Dewa Broto pada saat H-1 hingga H+1 Lebaran diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik layanan telekomunikasi sekitar 20% sampai 37% dari hari biasa.

Jumlah pesan singkat sebesar 7 milyar itu merupakan gabungan yang terkirim melalui seluruh operator komunikasi di Tanah Air. Namun, Gatot menyatakan jumlah itu masih belum termasuk layanan MMS dan pesan instan berbasis internet seperti BBM, Whatsapp maupun aplikasi sejenisnya.

Jadi, sebaiknya bila ingin mengirimkan ucapan selamat hari raya Idul Fitri atau meminta maaf menggunakan ponsel baik pesan singkat maupun pesan instan sebaiknya menghindari H-2 hingga H+3 agar tak terjebak dalam kepadatan lalu lintas layanan komunikasi. (den)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.