Sukses

iPhone 5s Akan Hadir Dalam Berbagai Warna & Ukuran

Isu kehadiran iPhone generasi terbaru dari Apple semakin santer beredar. Analis mengatakan, iPhone 5s akan hadir warna-warni dengan beberapa jenis ukuran layar.

Isu kehadiran iPhone generasi terbaru dari Apple, iPhone 5s, semakin santer beredar. Analis Tokepa Capital Market, Brian White mengatakan, iPhone 5s akan hadir warna-warni dengan beberapa jenis ukuran layar.

Mengutip informasi dari sebuah pertemuan dengan perusahaan supply chain teknologi, White mengklaim Apple akan merilis iPhone 5s setidaknya dalam dua atau mungkin tiga ukuran layar yang berbeda.

"Kami yakin Apple menyadari fakta bahwa iPhone dengan satu ukuran saja tidak cocok untuk semua orang, dan Apple akan menawarkan konsumen sebuah pilihan untuk memperluas pangsa pasar perusahaan," kata White.

Analis tidak menyebutkan ukuran layar berapa saja yang dimaksud. Saat ini iPhone 5 memiliki ukuran layar 4 inci, model iPhone sebelumnya bahkan berukuran lebih kecil yaitu hanya 3,5 inci. Demikian dikutip dari Cnet, Kamis (11/4/2013).

Ini bukan pertama kalinya White mengeluarkan prediksi ini. Pada bulan Januari lalu, ia pernah menuturkan kalau iPhone generasi berikutnya itu kemungkinan akan ditawarkan dalam beberapa warna dan ukuran layar yang berbeda.

Sebuah situs Jepang, Macotakara seolah mempertegas prediksi ini. Situs tersebut menyebutkan kalau iPhone 5s akan ditawarkan dalam tiga pilihan warna, selain warna hitam dan putih. Tidak disebutkan warna yang dimaksud. Sebelumnya seorang seniman digital pernah membuat rendering iPhone dalam warna biru dan merah.

Jika benar Apple akan mengeluarkan iPhone dalam beberapa ukuran layar, salah satu model diprediksi akan mengadopsi ukuran layar yang lebih besar dari 4 inci. Model lainnya mungkin akan tetap menggunakan layar 4 inci untuk konsumen yang tidak menginginkan perubahan. Model ketiga bisa lebih kecil dari 4 inci dan dijual dengan harga lebih murah.

Kapan iPhone 5s Dirilis?

Sampai saat ini belum ada penyataan resmi yang dikeluarkan Apple terkait rumor tersebut, termasuk waktu peluncuran iPhone generasi terbarunya. White memperkirakan iPhone 5s akan dirilis pada bulan Juli mendatang.

Sementara itu analis Piper Jaffray, Gene Munster, memprediksi iPhone 5s akan keluar pada akhir Juni. Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, menduga iPhone 5s akan diumumkan pada bulan Juni dan tersedia pada bulan Juli.

White juga memperkirakan Apple akan merilis iPhone versi murah tahun ini, bisa jadi peluncurannya akan berbarengan atau tak berjarak jauh dari iPhone 5s. Menurut White, harga $300 - $350 lebih masuk akal untuk iPhone murah.

Apple saat ini sedang menghadapi tekanan yang meningkat, baik dari saingan Android Samsung dan dari investor. Perusahaan perlu menerapkan inovasi lebih  dan menawarkan lebih banyak pilihan agar bisa berkompetitif.

Apple Butuh Inovasi

Ketika iPhone pertama kali diluncurkan pada bulan Juni 2007, saat itu hanya sedikit produsen yang bermain di segmen telepon pintar. Konsumen kemungkinan juga belum begitu tahu apa yang mereka inginkan atau butuhkan dari sebuah smartphone.

Setelah hampir 6 tahun berlalu, konsumen kini semakin bijak dan dapat membuat keputusan sendiri terkait spesifikasi apa saja yang mereka butuhkan dan inginkan dari sebuah smartphone. Karena itulah, Apple harus membuat inovasi dan mengeluarkan beberapa varian produk jika tidak ingin kalah bersaing. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini