Sukses

Unboxing dan Hands-On Xiaomi Pad 6s Pro 12.4, Siap Bersaing jadi Alternatif Laptop?

Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 telah rilis di Indonesia, tablet ini menawarkan pengalaman ala notebook PC dengan kualitas layar yang lebih memukau dari laptop lain di rentang harga yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja merilis Pad 6s Pro 12.4 sebagai seri tertinggi dari jajaran tablet yang diperkenalkan perusahaan tersebut di Indonesia. Tablet ini dihadirkan sebagai teman produktivitas dengan menawarkan kemampuan yang diklaim lebih dari laptop PC di kisaran harga 8 jutaan.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk mencoba dan mencari tahu apa saja keunggulan dari Xiaomi Pad 6s Pro ini.

Sebagai tablet, tak lengkap rasanya bila tidak ada aksesoris pendamping. Memahami persoaalan ini, Xiaomi menghadirkan dua aksesoris untuk tablet ini, yakni Xiaomi Touchpad Keyboard dan Xiaomi Focus Pen.

Xiaomi Focus Pen memiliki desain yang cukup elegan dengan warna hitam di sekeliling bodi, serta warna emas di sisi bawah stylus

Bodi dari stylus ini tidak sepenuhnya berbentuk membulat, tetapi ada sisi tegas sebagai tempat charging dan dudukan ke tablet. Focus Pen hadir dengan tiga tombol untuk memberikan input perintah ke Pad 6s Pro.

Cover Keyboard tablet Xiaomi ini hadir dalam warna abu-abu gelap yang memberikan kesan elegan dan berkelas. Di sisi atas cover, terdapat logo Xiaomi dan cut-out untuk penempatan kamera.

Saat dibuka, terdapat keyboard beserta touchpad yang memiliki ukuran tombol cukup besar. Tak hanya itu, keyboard cover ini dilengkapi tombol Function F1-F12 yang berguna untuk shortcut ke beberapa pengaturan, seperti mengatur cahaya, mengatur volume, dan lain sebagainya.

Setelah melihat kedua aksesoris tersebut, kini saatnya melakukan unboxing Xiaomi Pad 6s Pro 12.4.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Unboxing Xiaomi Pad 6s Pro 12.4

Saat pertama kali dibuka, kami merasa kagum dengan ukuran tablet ini yang sangat besar, mengingat rentang harga dari perangkat ini kurang dari Rp 10 juta.

Di dalam kotak penyimpanan, ada kartu ucapan dari Xiaomi Indonesia, satu unit Pad 6s Pro, serta dua kotak kecil yang masing-masing berisikan buku panduan, serta kepala charger dan kabel USB-A to USB-C.

Tablet ini didesain untuk digunakan pada orientasi landscape (horizontal) untuk memberikan pengalaman yang lebih imersif. Di sisi atas, ada tombol volume, dua lubang mikrofon, dan dudukan untuk pengecasan dan menaruh stylus.

Kemudian, di sisi kanan terdapat dua lubang speaker dan satu port USB-C. Sebagai informasi, teknologi pada port ini adalah USB-C 3.2 yang memiliki kecepatan data transfer yang sangat cepat.

Lalu, terdapat dua lubang speaker dan branding Dolby Vision-Atmos di sisi kiri tablet, sedangkan di sisi bawah kosong.

Ke bagian belakang, terlihat cukup bersih dan elegan berkat pemilihan warna Graphite Gray di tablet ini. Di sisi ini, ada cut-out yang berisikan dua kamera, dan satu LED Flash. 

Lalu, lalu di arah yang berlawanan, terdapat pin connector untuk menghubungkan tablet ini dengan cover keyboard.

3 dari 4 halaman

Tampilan Xiaomi Pad 6s Pro 12.4

Soal layar, tablet terlihat tajam di mata. Sebab, dibekali dengan layar beresolusi 3K yang memberikan ketajaman yang prima walau dilihat dari sudut pandang yang sangat dekat.

Kami masih akan mengulik tablet ini dan melihat apakah tablet ini bisa menggantikan PC laptop di rentang harga yang sama. Untuk itu, tunggu ulasan lengkap Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 di kanal Tekno Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Xiaomi Klaim Jadi Pemain Tablet Nomor 2 di Indonesia

Sebelumnya, Xiaomi Indonesia meluncurkan tablet terbaru ke pasar Indonesia, yakni Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 inci. Perangkat ini hadir di harga Rp 8 jutaan dan menyasar segmen premium ketimbang tablet Xiaomi dan Redmi lainnya.

Terlepas dari kehadirannya di Indonesia, Xiaomi mengklaim saat ini mereka menjadi pemain tablet terbesar kedua di Indonesia.

Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Rendy Tonggo, menyebut berdasarkan survei yang dilakukan Canalys, Xiaomi menguasai pangsa pasar terbesar kedua di Indonesia pada kuartal keempat 2023.

"Berdasarkan data Canalys kuartal 4 2023, Xiaomi menjadi pemain tablet nomor dua di Indonesia," kata Rendy, ditemui usai peluncuran Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 di Jakarta, Kamis (2/4/2024).

Capaian ini tidak lepas dari upaya Xiaomi yang makin rajin membawa produk tablet ke pasar Indonesia.

Sepanjang 2023, kata Rendy, Xiaomi memboyong tiga tablet terbaru. Rinciannya, ada dua tablet Xiaomi Pad 6 dan Xiaomi Pad SE. Lalu satu lagi adalah tablet kelanjutan dari Redmi Pad.

"Kami fokus banget di lini tablet tahun lalu, oleh karenanya, kami bisa jadi number 2," ia menuturkan.

Rendy tak membeberkan tablet mana yang paling laris manis di pasaran. Namun menurutnya, semua memiliki performa pasar yang baik.

"Semua bagus, pastinya orang-orang menunggu produk dari Xiaomi karena (produknya) memberikan value yang sangat baik untuk pengguna," katanya.

Lebih lanjut, pria berkaca mata ini juga mengatakan, tiap pengguna memiliki kebutuhan berbeda-beda, makanya tiga tablet Xiaomi yang rilis di 2023 itu memiliki performa baik di pasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.