Sukses

Top 3 Tekno: Kedatangan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia Bikin Penasaran

CEO Apple Tim Cook mengunjungi Indonesia, dalam kunjungannya Tim Cook juga hadir di Istana Negara Jakarta bertemu dengan Presiden Jokowi. Salah satu yang dibahas adalah mengenai investasi Apple di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple Tim Cook bertandang ke Indonesia, sejak dua hari lalu. Kemarin, Rabu (17/4/2024), Tim Cook mengunjungi Istana Negara Jakarta untuk bertemu dan berbincang dengan Presiden Joko Widodo.

Upaya Apple untuk mengembangkan talenta digital Indonesia melalui Apple Developer Academy juga dibahas oleh Presiden Jokowi dan Tim Cook.

Bahkan, Tim Cook sempat menyebut, Apple sudah membuka tiga Apple Developer Academy di Indonesia yang bertempat di Jakarta, Surabaya, dan Batam. Selanjutnya yang terbaru, Apple juga akan meresmikan Apple Developer Academy di Bali.

CEO Apple Tim Cook hadir di Istana Negara pada pagi harinya. Sejumlah hal dibicarakan oleh Jokowi dan Tim Cook, termasuk di antaranya permintaan Jokowi agar Apple melihat peluang Indonesia sebagai global supply chain untuk produk iPhone.

Tim Cook juga sempat bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Selanjutnya, Tim Cook melanjutkan kunjungan ke Indonesia ke Museum Wayang di Kawasan Kota Tua.

Penasaran apa saja kegiatan dan perbincangan yang dilakukan Tim Cook di Indonesia? Yuk simak dalam artikel Top 3 di bawah ini selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Warganet Minta Tim Cook Buka Apple Store di Indonesia

Setelah CEO Apple Tim Cook menulis cuitan terbaru di X/Twitter pada Selasa (16/4/2024) malam, warganet Indonesia berbondong-bondong membalas twit tersebut meminta agar Apple Store membuka cabangnya di Indonesia.

"Halo Indonesia, apa kabar? Sate ayam dengan fotografer iPhone Sofyan Pratama adalah cara sempurna untuk memulai waktu saya di Jakarta!," cuit bos Apple itu.

Warganet Indonesia langsung menulis komentarnya di akun @tim_cook untuk meminta agar Apple membuka toko resminya di Indonesia.

Salah satu akun X yakni @ikhwa*** berkomentar "Tolong buka Apple Store Resmi .. dan nikmati Indonesia, Tim !"

Dari komentar tersebut, warganet di Indonesia berharap agar Apple membuka toko resminya di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini produk Apple yang resmi di Indonesia dijual hanya melalui distributor resmi, seperti iBox, Digimap, Global Danapati Niaga (GDN) lewat Blibli dan Hello.

Tak hanya itu, warganet Indonesia meminta Apple untuk membenahi layanan jasa Program Penyedia Servis Resmi Apple (AASP).

Salah satu komentar dari akun X @Tore*** menulis "Perbaiki Penyedia Layanan Resmi Apple Anda di Indonesia. Banyak pengguna Apple di sini, tapi hampir semua AASP payah! Mereka bahkan mengenakan biaya diagnostik untuk garansi produk."

Dari komentar tersebut, beberapa pengguna Apple mengeluhkan AASP di Indonesia yang tidak memberikan layanan terbaik dalam hal jasa perbaikan.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 

3 dari 4 halaman

2. Jokowi Ajak CEO Apple Tim Cook Investasi Smart City di IKN

CEO Apple Tim Cook telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta. Dalam pertemuan itu, ada beberapa agenda yang dibicarakan.

Salah satunya, menurut Menteri Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Budi Arie Setiadi, presiden menawarkan peluang investasi pada Apple untuk pengembangan smart city di Ibu Kota Nusantara sekaligus manufaktur produk perangkat telekomunikasi.

"Presiden tadi menyampaikan kepada Apple bagaimana bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN," tuturnya dalam siaran pers yang diterima, Rabu (17/4/2024).

Menurut Menkominfo, Apple optimistis berinvestasi di Indonesia karena melihat peluang yang besar, termasuk pembangunan IKN. Ia pun menuturkan, nantinya akan ada pembicaraan yang lebih detail.

"Kementerian Kominfo akan mendukung penuh dan mengawal aspek standarisasi perangkat telekomunikasi," ujarnya melanjutkan. Selain itu, Menkominfo juga menyatakan komitmen CEO Apple berinvestasi agar menjadikan Indonesia sebagai bagian dari global supply chain.

Dijelaskan lebih lanjut, Budi Arie berharap pertemuan tersebut akan dapat meningkatkan optimisme Indonesia. Menurutnya, Indonesia dan Asia kini menjadi salah satu pasar produk perangkat telekomunikasi.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 

4 dari 4 halaman

3. Investasi Apple di Indonesia untuk Program Apple Developer Academy

Apple menggelontorkan investasi sebesar Rp 1,6 triliun di Indonesia. Investasi tersebut bukan dalam bentuk pabrik atau Apple Store, melainkan untuk melatih para pengembang iOS di Indonesia.

Program pelatihan yang dimaksud bernama Apple Developer Academy. Terbaru, dalam lawatan ke Indonesia, CEO Apple Tim Cook, meresmikan Apple Developer Academy Indonesia di Bali.

Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya Apple membuka akademi pelatihan untuk para pengembang. Perusahaan ini pertama kali membuka Apple Developer Academy di Indonesia pada 2018 yang bertempat di Jakarta.

Selanjutnya, Apple juga membuka akademi yang sama di Surabaya dan Batam. Melalui program Apple Developer Academy, Apple bakal melatih pengembang, pelajar, dan pengusaha dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS.

Program Apple Developer Academy yang sudah ada di Surabaya, Batam, dan Jakarta sendiri telah diikuti oleh lebih dari 2.000 calon pengembang.

Diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, untuk program Apple Developer Academy di Indonesia, investasi Apple Rp 1,6 triliun.

"Rp 1,2 triliun untuk tiga akademi (Apple Developer Academy di Jakarta, Surabaya, dan Batam). Kalau ditambah satu lagi di Bali, jari Rp 1,6 triliun," kata Menkominfo Budi Arie dalam konferensi pers di kantor Kominfo usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan Bos Apple Tim Cook.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.